DPRD Kalsel

Kembangkan Produk Potensi Desa, Bang Dhin Inginkan UMKM Lirik Pasar Digital

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syarifuddin menjadi pemateri pada seminar manajemen pengembangan dan pemasaran produk potensi Desa.

Featured-Image
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syarifuddin menjadi pemateri pada seminar manajemen pengembangan dan pemasaran produk potensi Desa. Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syarifuddin menjadi pemateri pada seminar manajemen pengembangan dan pemasaran produk potensi Desa.

Seminar yang digelar oleh Laboratorium Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Lambung Mangkurat, di Desa Barambai Kabupaten Barito Kuala.

Bang Dhin sapaan akrabnya dalam paparannya mengatakan, setiap Kabupaten dan Kota dhendaknya memiliki produk unggulan, yang sesuai dengan karakteristik daerahnya masing-masing.

“Dan tidak latah mengikuti tren yang ada, agar tercipta keberagaman produk yang dihasilkan, dan dampaknya dapat membuat pasar yang lebih luas,” ungkap Bang Dhin.

Lebih lanjut Bang Dhin menjelaskan, UMKM saat ini hendaknya sedikit melirik potensi pemasaran melalui digitalisasi.

“Pasalnya saat ini Indonesia menjadi kontributor ekonomi berbasis internet, terbesar dan tercepat di Asia Tenggara dengan nilai 40 miliar dolar dan pertumbuhan 49% per tahun,” jelasnya.

Ditemui diakhir kegiatan, Bang Dhin menghimbau pemangku kebijakan, agar dapat turut serta membantu dalam hal pemasaran produk unggulan Desa.

Kedepan Bang Dhin berharap UMKM dapat terus melakukan inovasi dalam berkreasi dengan produknya, dan pemerintah terus turut serta melakukan kolaborasi, untuk memajukan UMKM secara bersama-sama.

“Karena bagi saya, tanpa campur tangan pemerintah, UMKM yang ada di Kalsel ini akan terhambat pertumbuhannya,” tutup Bang Dhin.

Editor
Komentar
Banner
Banner