Erupsi Semeru

Kembali Erupsi, Ini Sederet Fakta Menarik Gunung Semeru

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu (4/12) sekira pukul 02.46 WIB dini hari. Muntahan awan panas kali ini serupa dengan bencana tahun lalu.

Featured-Image
Erupsi Gunung Semeru. Foto: Dok. Bisnis.com.

bakabar.com, JAKARTA - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu (4/12) sekira pukul 02.46 WIB dini hari. Muntahan awan panas kali ini serupa dengan bencana tahun lalu.

Ya, pada 4 Desember 2021 lalu, gunung yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini juga mengalami erupsi. Bencana kala itu bahkan sampai menewaskan puluhan jiwa.

Warga setempat pun panik bukan kepalang. Untungnya, debu vulkanik dan awan panas guguran Semeru kali ini tidak mengarah ke huntara layaknya tahun lalu.

Terlepas dari kisah pilu yang menyelimuti, Gunung Semeru sejatinya boleh dikatakan sebagai 'surga para pendaki.' Bukan tanpa alasan, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang memiliki segudang daya tarik nan menakjubkan.

Adapun daya tarik yang dimaksud bukanlah sekadar panorama memanjakan mata. Merangkum berbagai sumber, berikut sederet fakta unik Gunung Semeru:

1. Punya Danau Cantik

Kurang lengkap rasanya bila mendaki Gunung Semeru tanpa menjajaki kaki di Ranu Kumbolo. Danau cantik ini berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

Ranu Kumbolo merupakan lokasi yang kerap dipilih sebagai tempat singgah para pendaki. Deretan tenda berjajar rapi di sana -- sebagai tempat beristirahat.

2. Histori yang Unik

Selain keindahan alamnya, Gunung Semeru juga menyimpan histori yang unik. Naskah kuno Tantu Pagelaran menuturkan gunung ini dulunya dipindahkan dari India.

Para dewa memindahkannya, semata-mata, untuk menyeimbangkan Pulau Jawa yang kala itu terombang-ambing di lautan. Mulanya, Gunung Semeru dialihkan ke bagian barat Pulau Jawa.

Namun, para dewa memutuskan untuk memindahkannya lagi ke bagian timur Pulau Jawa karena terlihat tidak seimbang. Beberapa bagian gunung bahkan sempat tercecer hingga membentuk gunung-gunung kecil yang membentang dari barat ke timur.

Upaya tersebut nyatanya belum cukup; Pulau Jawa masih terlihat miring. Para dewa lantas memutuskan untuk memotong sebagian gunung, lalu menempatkannya di bagian barat laut dengan nama Gunung Penanggungan.

Karena historis yang demikian, Gunung Semeru pun disebut juga sebagai Paku Jawa.

3. Jadi Lokasi Film Fenomenal

Berkat keindahan dan keunikan itu, Gunung Semeru sempat dijadikan lokasi film 5 Cm. Film keluaran tahun 2012 ini bahkan sukses membuat pamor Gunung Semeru kian meroket.

Salah satu spot yang makin digandrungi para pendaki usai film 5 Cm mengudara ialah Tanjakan Cinta. Ini merupakan jalan setapak menuju bukit yang kental dengan mitos: bila pendaki menoleh ke belakang, maka dirinya bakal putus cinta.

4. Dijadikan Lagu

Tak cuma jadi latar film, keindahan Gunung Semeru turut diabadikan dalam sebuah lagu. Adalah Mahameru, judul tembang yang dinyanyikan Dewa 19 sebagai perwakilan atas keindahan gunung tersebut.

Lagu tersebut juga mengisahkan perjuangan yang harus dilewati oleh setiap pendaki, manakala berniat untuk menaklukkan Gunung Semeru.

Itulah sekilas fakta menarik mengenai Gunung Semeru yang kembali mengalami erupsi dini hari tadi. Semoga bencana ini cepat berlalu, dan tak mengulang lagi kisah pilu tahun lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner