Kalsel

Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

apahabar.com, MARABAHAN – Setelah kelotok susur sungai, Barito Kuala menambah lagi destinasi wisata yang berlatar belakang…

Featured-Image
Selain makanan dan souvenir, kedai terapung Batola Setara juga menjual view foto berlatar Jembatan Rumpiang. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Setelah kelotok susur sungai, Barito Kuala menambah lagi destinasi wisata yang berlatar belakang sungai.

Diberi nama Kedai Wisata Batola Setara, destinasi ini resmi diluncurkan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola, Senin (19/10).

Konsep kedai wisata adalah warung terapung yang menjual makanan dengan menu utama ikan bakar. Juga disediakan sejumlah souvenir seperti baju kaos, gantungan kunci dan anyaman purun.

Selain makanan dan souvenir, kedai wisata ini menjual view. Posisi kedai yang dipasang di atas ikatan bambu ini tepat di samping Jembatan Rumpiang, tepatnya di Desa Bagus Kecamatan Marabahan.

“Keberadaan kedai terapung ini berkaitan dengan kelotok susur sungai yang sudah setahun berjalan,” papar Gusti Ruspandi, Kepala Disporbudpar Batola.

“Untuk menuju spot ini, bisa sepaket dengan wisata susur sungai atau langsung dari jalan darat,” imbuhnya.

Selanjutnya pengelolaan kedai terapung diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jembatan Rumpiang Desa Bagus.

“Sebagai tindak lanjut kedai terapung, kami juga berencana membuat titian wisata. Kami sudah menganggarkan pembuatan titian itu melalui Dana Desa 2021,” sahut Hasanah, Kepala Desa Bagus.

Sampai titian tersebut selesai dibangun, akses dari jalan desa menuju kedai wisata masih menggunakan titian milik Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang.

Pun selama masa-masa awal pengembangan, kedai wisata menggunakan sistem reservasi.

Dengan menghubungi nomor telepon 0821 4831 3297, calon pengunjung dapat memastikan ketersediaan tempat dan makanan.

“Kami mengapresiasi Disporbudpar Batola yang mempercayakan pengelolaan kedai wisata. Diharapkan lapangan kerja di masyarakat juga bertambah,” tandas Hasanah.

Komentar
Banner
Banner