Cadangan Beras Pemerintah

Kebutuhan CBP, Bulog Kalteng Serap 5 Ribu Ton Beras dari Petani Lokal

Kantor Wilayah Bulog Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan mampu melakukan penyerapan beras hingga mencapai 5 ribu ton dari petani lokal di daerah setempat.

Featured-Image
Arsip-Bulog mendukung kegiatan Pasar Penyeimbang Pemprov Kalteng dengan menjual beras bersubsidi kepada warga di Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau, belum lama ini. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Kantor Wilayah Bulog Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan mampu melakukan penyerapan beras hingga mencapai lima ribu ton dari petani lokal di daerah setempat pada 2023.

Kepala Kantor Wilayah Bulog Kalimantan Tengah Budi Cahyanto di Palangka Raya, Selasa (20/6), mengungkapkan saat ini penyerapan beras telah mencapai hingga dua ribu ton lebih.

"Penyerapan yang sudah kami lakukan sudah mencapai hingga dua ribu ton, sedangkan untuk kebutuhan CBP (Cadangan Beras Pemerintah) sudah mencapai sekitar 700 ton," terangnya.

Bulog Kalimantan Tengah optimistis target penyerapan lima ribu ton  dapat terpenuhi pada 2023. Oleh karenanya pada masa panen selanjutnya, Bulog berupaya mengoptimalkan penyerapan tersebut.

Baca Juga: Antisipasi El Nino, Pemerintah Impor 3 Juta Ton Beras dari India

Dia menjelaskan, penyerapan beras dari petani lokal di Kalimantan Tengah tak hanya dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan CBP saja, namun juga untuk keperluan komersial.

"Pembelian yang kami lakukan kalau untuk CBP yakni sekitar Rp9.950, sedangkan untuk komersial antara Rp10.500 hingga Rp11.000 untuk beras kategori premium," terangnya.

Budi menyampaikan, melihat kondisi di lapangan saat ini petani tampaknya tidak ada mengalami kesulitan dalam kegiatan penjualan hasil panen.

"Kami terus berupaya secara optimal melakukan penyerapan beras petani daerah. Penyerapannya dalam bentuk beras, kita langsung mendatangi ke penggilingan di masing-masing wilayah," katanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner