Pemkab Tanah Laut

Kebudayaan Adat Desa Meriahkan Tala Expo Memeriahkan Hari Jadi ke-57

Kebudayaan adat desa mendapat panggung di Tanah Laut (Tala) Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tala ke-57.

Featured-Image
Penampilan seni adat desa di Tala Expo. Foto-Ist

bakabar.com, PELAIHARI - Kebudayaan adat desa mendapat panggung di Tanah Laut (Tala) Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tala ke-57.

Kepala Bidang Bina Pengembangan Kawasan Perdesaan pada DPMD Tala, Ary Setyawan Hiung mengungkapkan banyak lembaga adat desa/kelurahan yang turut memeriahkan Tala Expo.

Menurutnya Kabupaten Tala memiliki ragam suku dan kesenian dengan adat istiadat yang dilakukan secara turun-temurun.

“Kita melibatkan ada tiga Kelembagaan Adat Desa/Kelurahan pada Expo tahun ini untuk datang dan menampilkan kesenian mereka," ucapnya saat ditemui pada Sabtu (3/12/2022).

Kedepan pihaknya ingin mengadakan semacam expo untuk Kelembagaan Adat Desa/ Kelurahan se-Tala.

Ary Setyawan Hiung katakan, bahwa secara keseluruhan total Lembaga Adat Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Tala sampai saat ini berjumlah 38 lembaga.

Adapun Kelembagaan Adat Desa/ Kelurahan yang ikut memeriahkan kegiatan Expo Tala tahun ini secara bergantian.

Di antaranya Lembaga Adat Dayak Meratus Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap, kesenian Tarian Baigal dan Tarian Barongsai.

Lembaga Adat Kayuh Baimbai Desa Tambang Ulang Kecamatan Tambang Ulang, dengan kesenian Sinoman Hadrah, dan Lembaga Adat dari Desa Sambangan dengan kesenian Beladiri Kuntau.

Sementara itu Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) Penggerak Swadaya Masyarakat pada DPMD Tala Siti Zaleha berharap dengan kegiatan ini dapat mengenalkan budaya dan kesenian yang mereka miliki.

“Kita berharap dengan adanya perhatian kepada kelembagaan adat desa/ kelurahan bisa semakin memberdayakan masyarakat adat yang tersebar di desa-desa ataupun kelurahan di Tala termasuk juga kesenian-kesenian yang mereka miliki," ungkapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner