Borneo Hits

Kebakaran Kandang Ayam di Cindai Alus Banjar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Kebakaran kandang ayam di Jalan Kebun Raya, Desa Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (13/8/2024) pukul 08.40 Wita.

Featured-Image
Kebakaran kandang ayam di Jalan Kebun Raya, Desa Cindai Alus, Martapura, Selasa (13/8). Foto: DPKP Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Tidak kurang 3 ribu ekor ayam hangus terpanggang dalam kebakaran kandang ayam di Jalan Kebun Raya, Desa Cindai Alus, Martapura, Banjar, Selasa (13/8). 

Terjadi sekitar pukul 08.40 Wita, satu dari dua kandang ludes terbakar bersama ribuan ayam. Kerugian diestimasi lebih dari Rp100 juta, belum termasuk kandang berukuran 50x3,5 meter yang terbakar.

"Sekitar 3 ribu ekor ayam siap panen terbakar habis bersama kandang. Tersisa 2 ribu ekor yang berhasil diselamatkan. Diperkirakan api akibat korsleting listrik di dalam kandang," ungkap Heriwati, salah seorang peternak ayam.

Kebakaran tersebut ditangani dengan cepat oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar bersama damkar swasta.

Namun akibat banyak material yang mudah terbakar, mereka sempat kewalahan memadamkan api lantaran air dalam tangki sempat habis.

"Untungnya terdapat saluran irigasi yang berjarak 200 meter dari lokasi kejadian,” papar Muhammad Ari Maulidin, petugas DPKP Banjar di lokasi kejadian.

"Proses pemadaman berlangsung sekitar 1 jam, dan api tidak sempat menjalar ke kandang yang lain," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner