Peristiwa & Hukum

Kebakaran di Banjarmasin Barat, Total Empat Bangunan Rusak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin ungkap jumlah kebakaran di Pasar Sajumput, Kelurahan Telawang, Banjarmasin Barat, Selasa (29/8) sore

Featured-Image
Kebakaran terjadi di Pasar Sajumput, Kelurahan Telawang, Banjarmasin Barat, Selasa (29/8) sore. Foto-apahabar.com/Amrullah.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin mencatat empat bangunan hangus saat kebakaran di Kelurahan Telawang, Banjarmasin Barat, Selasa (29/8) sore.

BPBD merincikan, 2 ruma rusak berat dan dua kios rusak sedang saat kebakaran di kawasan Pasar Sajumput itu sekitar pukul 14.45 Wita. 

"Misran Darma 1 kk 2 jiwa, Umy Pahdianti 1 kk 2 jiwa, Muniri kios kelentengan, dan Ateng kios jualan sayur," ujar Kalak BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin.

Pihaknya mendaparkan informasi kebakaran tersebut sekitar pukul 14.51, dan melakukan pemadaman selama kurang lebih satu jam. "Untuk air ada, sehingga kebakaran ini tidak ada kendala saat pemadaman," tambahnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab dan besaran kerugian dari kebaran tersebut. "Kita masih melakukan penyelidikan soal penyebab dan taksiran kerugian para korban," pungkasnya.

Salah satu korban kebakaran, Umy (37) mengungkapkan kobaran api tersebut berawal dari samping rumahnya.

"Mulanyakan ngumpul sama teman di rumah saya, tiba-tiba ada warga berteriak api di samping rumah kamu," ujarnya kepada bakabar.com di lokasi kejadian.

Kemudian, ia keluar rumah dan memanggil warga setempat untuk memadamkan api tersebut. Namun, api tersebut tidak padam karena angin yang sangat kencang.

"Saya langsung panggil warga untuk membantu menyiram api itu, tapi tidak padam," tambahnya.

Tak lama kemudian, kata Umy, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) berdatangan dan langsung melakukan penyemprotan.

"Alhamdulillah, pemadam cepat datang langsung membantu memadamkan api itu," bebernya.

Umy pun hanya bisa menyelamatkan satu sepeda motor, satu kulkas dan televisi saat kebakaran terjadi.

"Tidak sempat lagi menyelamatkan barang-barang lainnya, karena api sangat besar," katanya sambil berurai air mata.

Baca Juga: Kebakaran di Banjarmasin Barat, Hanya Motor hingga TV Umy Tersisa

Editor


Komentar
Banner
Banner