Hot Borneo

Kasel Siap Mengulang Sejarah Sukses Tuan Rumah MTQ Nasional 2022 Oktober Nanti

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalsel siap gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 Tahun 2022. Sejarah terulang…

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat berbincang dengan Meneg RI Yaqut Cholil Qoumas untuk menyampaikan kesiapan penyelenggaraan MTQ nasional ke-29 pada 10–19 Oktober 2022. Pertemuan di kantor Kemenag RI di Jakarta, Jumat (23/9/2022). Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Kalsel siap gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 Tahun 2022. Sejarah terulang setelah 32 tahun berlalu.

Perhelatan MTQ Nasional 2022 di Kalsel digelar 10-19 Oktober nanti. Mengambil tempat utama di kawasan Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Sebelumnya, Kalsel sendiri pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-3 di Banjarmasin 1970 era Presiden Soeharto.

Gubernur Kalsel ketika itu melalui surat keputusannya tanggal 15 Mei 1978 membentuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalsel.

Saat menjadi tuan rumah MTQ Nasional, Kalsel juga tetap menunjukkan eksistensinya sebagai lumbung qori-qoriah terbaik di Indonesia.

Terbukti, MTQ Nasional 1970 di Banjarmasin, nama Mawardi Ghani mengharumkan Kalsel dengan prestasinya sebagai juara I kategori remaja.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat audiensi dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas Jumat (23/9) telah melaporkan kesiapan MTQ Nasional ke-29 2022.

Gubernur Kalsel karib disapa, Paman Birin berharap Presiden Joko Widodo atau Jokowi datang meresmikan perhelatan akbar tersebut pada 12 Oktober 2022.

Termasuk juga kehadiran para duta besar negara sahabat untuk melihat dari dekat MTQ Nasional.

“MTQ Nasional Ke-29 di Kalsel adalah sejarah bagi kami. Kami pun rindu yang luar biasa untuk pelaksanaan MTQ di Banua Kalimantan Selatan, setelah sebelumnya pernah menyelenggarakan tahun 1970. Semoga Bapak Presiden bisa datang dan membuka langsung,” kata Paman Birin seperti dilansir Antara, Sabtu (24/9).

Sebagai tuan rumah MTQ, Kalsel terus menyiapkan segala sesuatunya secara detail. Mulai dari prasarana jalan, penerangan hingga venue-venue acara MTQ.

Disebutkan Paman Birin, Kalsel telah menyiapkan tempat pembukaan VIP untuk 3.400 tamu dan kafilah se-Indonesia.

Untuk tamu-tamu VIP itu di lokasi acara, posisi kursi tempat duduk nanti akan ada keterangan nama untuk memudahkan.

Bahkan, agar acara berjalan dengan lancar, pihaknya juga telah menyiapkan panggung lomba dan di sekitarnya akan ada stan-stan untuk UMKM produk lokal.

Sementara untuk memudahkan masyarakat menonton pihaknya juga telah menyiapkan beberapa titik videotron di sekitar 300-400 meter dari panggung utama yang bisa menyaksikan aneka lomba MTQ.

Selain itu, kegiatan MTQ ini juga disiarkan langsung streaming melalui YouTube.

“Insya Allah dengan berbagai kesiapan kami ini, Kalsel siap menyambut tamu-tamu dari penjuru Nusantara bahkan luar negeri. Kami siap menyambut tamu dengan sebaik-sebaiknya. Sebagai ajaran Rasulullah, kita diwajibkan untuk memuliakan tamu,” kata Paman Birin.



Komentar
Banner
Banner