Kalsel

Kapuas Dapat Bantuan Mesin PCR dari BNPB

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dalam rangka penanggulangan Covid-19, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) kembali memberikan bantuan…

Featured-Image
Ilustrasi – RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Dalam rangka penanggulangan Covid-19, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) kembali memberikan bantuan kepada Pemkab Kapuas, Kalteng.

Bantuan kali ini berupa 1 unit alat mesin PCR (Polymerase Chain Reaction), 1 unit mesin RNA Thorax beserta 5.000 alat tes PCR Intron. Bantuan tersebut kini telah diterima pihak RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan sarana prasarana pendukung untuk pengoperasian peralatan bantuan BNPB tersebut.

“Laboratorium Bio Safety Level 2 yang kita bangun baru saja selesai, jadi kami mempersiapkan sarana prasarana pendukungnya dulu untuk alat PCR ini. Termasuk kami juga mempersiapkan peratalan untuk laboratoriumnya,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (21/1).

Agus berharap proses penyiapan sarana prasarana pendukung peralatan PCR bantuan BNPB tersebut dan peralatan laboratorium dapat selesai pada Mei mendatang.

“Kalau sudah selesai dan lengkap semua sehingga kita selanjutnya akan mengajukan permohonan izin operasional kepada pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng,” ujarnya.

Dilanjutkan dr Agus, apabila nantinya laboratorium pemeriksaan PCR tersebut sudah dianggap layak, maka RSUD Kapuas akan segera melakukan pemeriksaan Covid-19 di laboratorium PCR di daerah setempat.

“Untuk tenaga laboratoriumnya, kami sudah mempunyai tenaga-tenaga yang terampil dan terlatih serta kami juga sudah memiliki dokter spesialis mikrobiologi,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner