Heli Mendarat Darurat

Terkendala Kabut, Kapolri Gunakan Modifikasi Cuaca Buat Evakuasi Kapolda Jambi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku akan menggunakan modifikasi cuaca dalam mengevakuasi Kapolda Jambi yang melakukan pendaratan darurat

Featured-Image
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat memberikan kabar pendaratan darurat helikopter Kapolda Jambi (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menggunakan modifikasi cuaca dalam upaya evakuasi Kapolda Jambi. Hal itu dikarenakan kondisi berkabut masih menyelimuti di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP) pendaratan darurat helikopter yang ditumpangi oleh rombongan Kapolda Jambi.

“Kami masih berupaya untuk melakukan modifikasi cuaca, sehingga kemudian kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi TKP betul-betul bisa terlihat jelas. Lalu proses evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Listyo Sigit di Mabes Polri, Selasa (21/2).

Sigit menyebut pihaknya masih berupaya untuk melakukan evakuasi terhadap pendaratan darurat yang menimpa 3 kru dan 5 penumpang tersebut. Metode evakuasi jalur darat pun sedang diupayakan dengan melakukan pemetaan data (mapping).

Baca Juga: Kapolri Terjunkan Dua Helikopter Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

“Namun demikian, saat ini kami sudah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan kita lakukan secara darat. Oleh karena itu saat ini kami sedang membuat mapping terkait dengan rute terdekat dan rute yang aman bagi korban,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, Kadiv Humas Polri sempat mengutarakan kendala tentang proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono. Menurutnya, jalur udara yang diprioritaskan merupakan cara terbaik, mengingat kondisi medan TKP yang terjal.

“Lebih utama kita mencoba untuk mengevakuasi melalui jalur udara. Karena jalur udara yang paling efektif dan efisien untuk mempercepat proses evakuasi korban. Kalau jalur darat, waktu tempuh dari Kerinci ke TKP sangat panjang, hampir 12 jam. Karena lokasi tempat pendaratan darurat itu merupakan terbing yang terjal,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Gedung Humas Polri, Senin (20/2).

Baca Juga: Mabes Polri: Kapolda Jambi Selamat dan Hanya Alami Luka

Diketahui, helikopter berjenis Bell 412 SP yang ditumpangi Kapolda Jambi melakukan pendaratan darurat pada Minggu (19/2). Selain Irjen Rusdi, ada Dirkrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Polda Jambi Kompol Ayani, dan ADC Kapolda Jambi.

Editor


Komentar
Banner
Banner