Tak Berkategori

Kapolresta Banjarmasin Ingatkan Personel Fokus Pengamanan Arus Balik

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Sumarto, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Pos…

Featured-Image
Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto memantau kesiapan pos pengamanan menghadapi arus balik lebaran. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Sumarto, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Pos Pengamanan, Pelayanan Terpadu Operasi Ketupat Intan 2019 di wilayah Kota Banjarmasin, Jumat (7/6/2019). Ini dilakukan untuk memastikan kesiapan personelnya pasca Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah / 2019 Masehi dan menjelang arus balik lebaran.

Sejumlah aspek menjadi perhatian Kapolresta Sumarto, kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Dimulai sejak pukul 09.00 – 10.45 Wita, Kapolresta beserta rombongan melakukan pengecekan di sejumlah Pos diantaranya Pos Pam Terminal Jalan Ahmad Yani KM 6, Pos Pam Bundaran Kayutangi, Pos Terpadu Pelabuhan Trisakti, Pos Pam Jembatan Merdeka, Pos Pam Sudimampir, dan Pos Yan Duta Mall Jalan Ahmad Yani KM 2.

Tak hanya itu, sejumlah titik-titik rawan kemacetan juga dikunjungi langsung. Hal itu dilakukan untuk memetakan potensi kerawanan dan kemacetan jelang arus balik lebaran 2019.

Menurut Kombes Pol Drs Sumarto, kegiatan cek Pospam dan Posyan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019 ini, untuk mengetahui secara pasti kesiapsiagaan petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dishub, Satpoll PP, yang bertugas.

"Selain itu, kegiatan Sidak ini juga untuk memberi motivasi kepada petugas gabungan yang bertugas. Dengan tujuan utama, untuk memberikan jaminan keamanan kepada pengendara kendaraan bermotor yang sedang melintas di wilayah kota Banjarmasin, jelang arus balik lebaran," terang Sumarto kepada awak media di sela-sela kunjungan ke sejumlah pos Pam dan Pos Yan.

Dalam peninjauannya, Sumarto meminta untuk masing-masing kepala pos menjelaskan jalur evakuasi jika terjadi kemacetan pada saat berlangsungnya arus balik. “Intinya kita mengecek kesiapsiagaan petugas Pos Pam gabungan ini agar benar-benar siap,” tutur Sumarto.

Selain itu, dalam sidak yang didampingi Kabag Ops, Kasiwas, Kasubbag Bin Ops dan Kasi Propam Polresta Banjarmasin tersebut, Sumarto juga memberikan motivasi dan bingkisan kepada petugas gabungan, yang bertugas di Posyan dan Pos Pam yang tersebar di sejumlah wilayah kota Banjarmasin.

Untuk diketahui, dalam operasi ketupat Intan Tahun 2019, Polresta Banjarmasin menyiapkan satu Posyan yang terletak di samping Duta Mall, 1 pos Terpadu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan 4 Pos Pengamanan di sejumlah titik kota Banjarmasin.

Sedangkan untuk mensukseskan operasi yang berlangsung hingga 10 Juni 2019, Polresta Banjarmasin menerjunkan 2/3 personil dari berbagai satuan.

Baca Juga:Rindu Terpendam Anggota Satlantas Saat Momen Lebaran

Baca Juga:Lebaran, Limbah Rumah Tangga di Kota Banjarmasin Paling Dominan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner