Kapolres Barito Kuala Bicara Tagline Sahabat Pian

Selain program Presisi, Polres Barito Kuala juga mengusung tagline Sahabat Pian yang terdengar familiar, kendati baru dicetuskan.

Featured-Image
Sahabat Pian menjadi motto di Polres Barito Kuala, sejak AKBP Diaz Sasongko menjabat sebagai Kapolres. Foto: Humas Polres Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Selain program Presisi, Polres Barito Kuala juga mengusung tagline Sahabat Pian yang terdengar familiar, kendati baru dicetuskan.

Presisi yang berarti Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan merupakan program yang diusung Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sejak menjabat sebagai Kapolri.

Adapun Sahabat Pian mulai bergaung di Bumi Selidah, setelah AKBP Diaz Sasongko menjabat Kapolres Batola menggantikan AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif sejak 6 Juli 2022.

Sejalan dengan Presisi, Sahabat Pian merupakan kependekan dari Bersahaja, Bermartabat, Peduli, dan Ikhlas Melayani.

Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Pejabat Baru Kapolres Batola AKBP Diaz Sasongko

Pian sendiri merupakan kata Bahasa Banjar yang berarti anda. Meski ‘ikam’ atau ‘nyawa’ juga memiliki arti anda, tetapi pian dianggap lebih halus dan biasanya disematkan kepada lawan bicara yang lebih tua atau dihormati.

“Sejatinya motto Sahabat Pian berlatar belakang dari program Presisi juga. Intinya kami ingin menjadi sahabat untuk masyarakat dan semua stakeholder di Batola,” jelas Diaz Sasongko kepada bakabar.com.

“Sebagai seorang sahabat, seharusnya bisa memprediksi kalau sahabat yang lain melakukan hal tidak tepat, lalu peduli atau merespons, serta memberi manfaat,” imbuhnya.

Kemudian ketika sudah bersahabat, seseorang semestinya juga dapat menjaga martabat sahabat maupun diri sendiri, sekaligus menjaga perasaan sahabat.

“Selanjutnya sebagai sahabat, apapun hal-hal baik yang dilakukan tidak mengharapkan pamrih atau balasan lantaran semuanya dikerjakan dengan ikhlas,” tegas Diaz Sasongko.

Sementara penerapan Sahabat Pian tidak berbentuk aplikasi atau program-program tertentu, karena motto ini berkaitan dengan sisi emosional anggota Polres Batola.

“Namun melalui motto Sahabat Pian, kami ingin membentuk karakter semua anggota Polres Batola agar tersugesti bahwa polisi ditunggu oleh masyarakat sebagai sahabat,” tegas Diaz Sasongko.

“Dengan begitu, seorang polisi tidak menjadi arogan hanya karena seragam dan atribut lain, atau merasa lebih hebat. Kalau sudah menjadi sahabat, berarti polisi setara dengan masyarakat,” tambahnya.

img

Kapolres Barito Kuala, AKBP Diaz Sasongko, ketika bersilaturahmi dengan Bupati Hj Noormiliyani AS. Foto: Istimewa



Komentar
Banner
Banner