Sport

Kans Barito Putera Finis Empat Besar Liga 1: Memang Sulit, Tetapi Masih Mungkin

Kendati cukup sulit, Barito Putera masih memiliki peluang menembus empat besar alias zona championship series Liga 1 musim 2023/2024.

Featured-Image
Carlos Fortes menjadi mimpi buruk Barito Putera dengan mencetak sebiji gol ketika melawan Persis Solo di pertemuan pertama Liga 1 musim 2023/2024. Foto: PSIS Official

bakabar.com, BANJARMASIN - Kendati cukup sulit, Barito Putera masih memiliki peluang menembus empat besar alias zona championship series Liga 1 musim 2023/2024.

Seusai kemenangan atas PSM Makassar, Jumat (15/3) malam, Barito Putera menghuni peringkat sembilan sementara dengan 40 poin.

Dengan 5 pertandingan tersisa, Laskar Antasari tampaknya sudah cukup aman dari jerat degradasi yang terus menghantui dalam tiga musim terakhir. Bahkan harapan untuk lolos ke championship series juga masih terbuka.

Diketahui baru Borneo FC yang sudah memastikan lolos, setelah mengoleksi 69 poin. Artinya masih tersisa tiga tiket yang diperebutkan.

Persib Bandung sementara di posisi kedua dengan 54 poin, diikuti Bali United dengan 49 poin. Sementara Madura United dan PSIS Semarang di posisi keempat dan kelima yang sama-sama mengoleksi 46 poin.

Lalu Persik Kediri di posisi keenam dengan koleksi 43 poin, serta Persis Solo dan Dewa United yang sudah menabung 41 poin di peringkat ketujuh dan delapan.

Dengan demikian, Barito harus meraih rentetan positif dalam 5 pertandingan sisa, mengingat selisih poin dengan klub lain terbilang tipis.

Agar lepas dari jerat degradasi, Rizky Rizaldi Pora cs setidaknya harus mengamankan 6 poin lagi. Hasil ini membuat Arema tak akan bisa mengejar perolehan poin Barito, sekalipun memenangi 5 pertandingan sisa.

Diketahui Arema menghuni peringkat teratas zona degradasi dengan 31 poin. Poin serupa juga dikoleksi PSS Sleman dan Persita Tangerang.

Baca Juga: Coach RD Akui Barito Putera Beruntung Mengalahkan PSM Makassar

Baca Juga: Barito Dikalahkan Persis, Rahmad Darmawan Soroti Soal Peluang Terbuang

Lantas untuk mengejar posisi empat besar, Barito juga harus memenangi 3 pertandingan berikutnya, sembari berharap klub di atas mengalami hasil buruk.

"Tentu tidak mudah mencapai empat besar," ungkap gelandang Barito Putera, Miket Ott, seusai kemenangan atas PSM.

"Namun kami akan terus fokus di setiap pertandingan dan berusaha selalu menang," tambah gelandang Timnas Filipina ini.

Dalam 5 pertandingan tersisa, lawan terberat Barito adalah PSIS Semarang. Selain pernah mengalahkan Barito dengan skor 0-1 di pertemuan pertama Liga 1 musim 2023/2024, Laskar Mahesa Jenar juga mengincar empat besar.

Lawan berikutnya yang menunggu Barito adalah RANS Nusantara, Persija Jakarta, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973.

Persija sebenarnya masih mungkin finis empat besar. Namun jalan Macan Kemayoran terbilang lebih berat dibandingkan Barito, sekalipun memenangi 5 pertandingan sisa.

Berbeda dengan orientasi RANS Nusantara, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973. Dalam 5 pertandingan tersisa, ketiga klub ini dipastikan mati-matian menghindari degradasi.

Perlu juga dicatat bahwa Barito tidak mampu mengalahkan RANS, Persija, Bhayangkara dan Persikabo di putaran pertama Liga 1 musim 2023/2024.

Keempat klub tersebut mampu menahan Barito dengan skor 1-1. Malah ketika meladeni Bhayangkara dan Persija, skuad asuhan Rahmad Darmawan ini tertinggal lebih dulu.

Terlepas dari rekor pertemuan, jeda antara 5 pertandingan tersisa cukup memadai untuk persiapan.

Bahkan setelah menghadapi RANS, kompetisi akan dijeda libur Idulfitri 1445 Hijriah, sehingga pertandingan melawan Persija baru digelar 15 April 2024.

Berikut 5 pertandingan tersisa yang dilakoni Barito Putera di Liga 1 musim 2023/2024:

Barito Putera vs PSIS Semarang (29/3)
RANS Nusantara vs Barito Putera (3/4)
Barito Putera vs Persija Jakarta (15/4)
Barito Putera vs Bhayangkara FC (20/4)
Persikabo 1973 vs Barito Putera (28/4)

Editor
Komentar
Banner
Banner