Hot Borneo

Kampanye Kurangi Sampah Plastik, DLH Palangka Raya Berbagi Ribuan Tas Belanja

Upaya meminimalisir penggunaan sampah plastik di masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya membagikan ribuan tas belanja ramah lingkungan

Featured-Image
Petugas DLH saat bagi-bagi tas ramah lingkungan kepada warga Palangka Raya. Foto-apahabar.com/Andre

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Upaya meminimalisir penggunaan sampah plastik di masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya membagikan ribuan tas belanja ramah lingkungan (ecobag) di sekitar pusat perbelanjaan yang ada di wilayah setempat.

Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyosialisasikan Perda Kota Palangka Raya Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

”Jadi mulai saat ini masyarakat di Kota Palangka Raya diminta untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai dan beralih dengan kantong belanja yang ramah lingkungan" katanya, Kamis (23/2).

Achmad Zaini juga menyebutkan kegiatanberbagi tas ramah lingkungan ini dilaksanakan di sekitaran Jalan Tjilik Riwut, Jalan Temanggung Tilung dan Jalan G Obos.

"Kegiatan ini juga rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2023. Kami memfokuskan pada pengelolaan sampah yang dapat memberikan bukti nyata dalam upaya mencapai target zero emisi. Kegiatan oplas ini sebagai upaya mengurangi timbulan sampah plastik di TPA," bebernya.

Ia berharap ke depannya beragam transaksi di perbelanjaan yang ada di Kota Palangka Raya tak lagi menggunakan plastik, melainkan menggunakan berbagai bahan yang ramah lingkungan.

“Sementara ini, para pembeli terlihat antusias untuk menggunakan tas ramah lingkungan ini, selain bisa digunakan berulang kali, tas ini juga bisa mencegah pencemaran lingkungan,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner