Kalsel

Kalsel Kembali Terima APD Tahap Kelima dari Kemenkes

apahabar.com, BANJARBARU – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Kesehatan RI tahap kelima sudah tiba…

Featured-Image
Serah terima bantuan APD dari Kemenkes RI kepada Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan virus Corona (COVID-19) Provinsi Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Kesehatan RI tahap kelima sudah tiba di bumi Lambung Mangkurat, Sabtu (25/4) pagi tepat pukul 09.54 Wita.

APD itu diangkut pesawat Boeng 737/AI-7308 milik TNI AU dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta mendarat di Apron Lanud Sjamsudin Noor.

Kedatangan pesawat TNI AU tersebut adalah untuk yang kelima kalinya dalam misi mendistribusikan Alat kesehatan berupa APD dan masker untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Disambut hangat oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., dan Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Firmansyah, beserta Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Dr.H.Muhamad Muslim M.Kes yang diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Akhmad Yanie, M.Si., Apt.

Turut hadir pula Kepala BNPB Kalsel Wahyudin yang diwakili oleh Kasubdit Kedaruratan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan S. Dinarja serta para Kepala Dinas Lanud Sjamsudin Noor.

Saat diturunkan dari pesawat, APD tersebut langsung diserah terimakan secara simbolis dari Kemenkes RI yang diwakili oleh Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Firmansyah, kepada perwakilan Dinas Kesehatan Kalsel Drs. Akhmad Yanie, M.Si., Apt.

Seperti kita ketahui, APD merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh untuk melindungi diri dari bahaya dan resiko tugas bagi petugas kesehatan, terutama dalam penanganan kasus virus Corona (Covid-19).

img

APD bantuan Kemenkes diturunkan dari pesawat. Foto-Istimewa

Tak kurang dari 88 koli APD atau sebanyak 4.400 Pcs dari Kemenkes RI diserahkan kepada Ketua Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan virus Corona (COVID-19) Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebagai informasi, dari bantuan APD tahap pertama hingga tahap kelima, GTPP Covid-19 Kalsel telah menerima dan mendistribusikan APD sebanyak 448 koli atau 22.400 pcs, lalu masker 10 koli atau 20.000 pcs dan 40 liter cairan hand sanitizer.

Selanjutnya secara bertahap seluruh barang bantuan tersebut diangkut dengan truk Lanud Syamsudin Noor menuju gudang BPBD Prov. Kalsel di Komplek Perkantoran Sekda Prov. Kalsel.

Setelahnya akan didistribusikan oleh Pihak BPBD Prov. Kalsel kepada rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 dan rumah sakit transit wilayah Kalimantan Selatan serta upaya untuk membantu masyarakat Kalsel.

Reporter: Nurul MufidahEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner