Pemprov Kalsel

Kado HUT ke-72, Kalsel Sabet Dua Penghargaan Menteri Pertanian

apahabar.com, BANJARBARU – Dua penghargaan dari Menteri Pertanian (Mentan) menjadi kado spesial bagi Kalimantan Selatan (Kalsel)…

Featured-Image
Kadisbunnak Kalsel Suparmi terima penghargaan dari Menteri Pertanian. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARBARU – Dua penghargaan dari Menteri Pertanian (Mentan) menjadi kado spesial bagi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72.

Penghargaan pertama adalah keberhasilan Kalsel sebagai provinsi menuju nol kasus PMK terbaik.Kedua, penghargaan kategori pemerintah provinsi dengan capaian vaksinasi PMK terbaik.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mentan, Yadin Limpo dan diterima Gubernur Kalsel yang diwakili Kadisbunnak, Suparmi di Jakarta, Senin (15/8).

Suparmi mengatakan, penghargaan ini adalah merupakan hasil kerja nyata daru satgas penganganan PMK.

“Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang tanpa lelah mengendalikan PMK,” ujar Suparmi mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Selasa (16/8).

Suparmi bilang, sebagaimana arahan gubernur, satgas PMK harus bergerak cepat, tepat dan akurat dalam melakukan langkah strategis dalam menangani penyakit mulut.

Antara lain dengan melakukan surveilans atau deteksi dini, pengobatan dan pemberian vitamin pada ternak yang terjangkit, peningkatan biosekuti/desinfeksi.

Juga pengawasan dan pengetatan lalu lintas hewan rentan PMK dari dan ke wilayah Kalsel.

“Serta percepatan realisasi Vaksinasi PMK tentunya untuk meningkatkan kekebalan Hewan Rentan PMK ( HRP),” imbuhnya.

Terbukti melalui langkah strategis tersebut kasus PMK di Banua dapat dikendalikan, bahkan sejak tanggal 14 Juli 2022 sampai saat ini sudah tidak ada penambahan kasus baru.

Demikian juga dengan capaian realisasi vaksinasi PMK di Kalsel untuk tahap I. Realisasi sebanyak 4.717 dosis atau 112,31 persen dari target 4 200 dosis.



Komentar
Banner
Banner