Kalsel

Jusuf Kalla akan Resmikan Unit Transfusi Darah PMI Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, dijadwalkan akan meresmikan gedung Unit…

Featured-Image
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla. Foto-Tempo.co

bakabar.com, BATULICIN – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, dijadwalkan akan meresmikan gedung Unit Transfusi Darah (UTD) PMI di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya masih mengkoordinasikan hal ini dan akan mengupayakan kehadiran beliau ke Tanah Bumbu. Karena beliau punya keterikatan batin dengan masyarakat di sini, insya Allah akan berkenan,” kata Ketua PMI Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, kepada bakabar.com, belum lama ini.

Koordinasi itu dilakukan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan di Jakarta. Dalam Rakernas tersebut Jusuf Kalla dipercaya kembali untuk memimpin organisasi yang berdiri pada 19 September 1945.

Di sana, Rooswandi menyampaikan bahwa gedung UTD PMI sudah berdiri di Kabupaten Tanah Bumbu. Dia bahkan mengklaim gedung UTD di Tanah Bumbu memiliki fasilitas dan standar terbaik di Kalsel.

Kabar itu pun disambut hangat. Pengurus PMI Pusat langsung mengagendakan peresmian itu.

“Rencana peresmiannya bulan Februari,” kata Rooswandi.

Gedung dua lantai yang dibangun tidak jauh dari Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi, Batulicin, baru saja selesai dibangun pada akhir Desember 2019 kemarin.

Gedung tersebut memang dibangun dengan fasilitas yang “wah”. Sejumlah fasilitas penting ada di sana, di antaranya ruang donor darah, pengolahan, distribusi, dan ruangan untuk memeriksa infeksi menular lewat transfusi darah.

Pengurus PMI Provinsi Kalsel Bidang UTD, dr. Salma, sempat meninjau kondisi gedung pada 29 Desember 2019. Di sana, ia ditemani oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, dr. Budi Simanungkalit. dr. Salma pun memuji pembangunan gedung tersebut.

"Ini luar biasa. Semua karena dukungan Pemkab Tanah Bumbu. Ini terlihat dari gedungnya yang mewah," katanya.

Keberadaan UTD PMI Tanah Bumbu akan melengkapi sejumlah UTD lainnya di Kalsel seperti UTD Banjarmasin, Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten HSS, dan Tabalong.

UTD tersebut juga akan sangat mendukung pelayanan donor darah di Tanah Bumbu. Apalagi kebutuhan darah masyarakat Bumi Bersujud tergolong besar yakni mencapai 200 sampai 300 kantong darah per bulan.

img

Gedung UTD PMI Tanbu. Foto-bakabar.com/Puja Mandela

Baca Juga: Limbuhang Haliau, Wisata Gua di Bawah Tanah yang Kini Memesona

Baca Juga: VIDEO: Cempaka Kembali Terendam, Puluhan Orang Dievakuasi

Baca Juga: Cabai Rawit Hiyung Tapin Bakal Dipamerkan di Rakernas PDIP

Baca Juga: Biddokkes Polda Kalsel Periksa Kesehatan Korban Banjir di Banjarbaru

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner