Kunker Jokowi

Jokowi Resmikan 4 Ruas Jalan Akses Evakuasi Merapi di Magelang

Presiden Jokowi meresmikan 4 ruas jalan di Magelang. Keempatnya jadi akses evakuasi penduduk sekitar Gunung Merapi.

Featured-Image
Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan ke Magelang (Apahabar.com/Arimbi)

bakabar.com, MAGELANG - Presiden Jokowi meresmikan 4 ruas jalan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Keempatnya jadi akses evakuasi penduduk sekitar Gunung Merapi.

"Ruas Muntilan-Keningar, Sukomarmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai," kata Presiden Jokowi dalam peresmian Inpres Jalan Daerah di Magelang, Senin (22/1).

Keempat jalan itu adalah Muntilan, Keningar, Sukomakmur, dan Petung Pakis. Keempatnya merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Anggaran untuk perbaikan dan pembangunan jalan mencapai Rp14,6 triliun di Indonesia pada 2023. Khusus Jateng, anggarannya Rp1,36 triliun untuk 40 ruas jalan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunker ke Salatiga dan Magelang, Ini Agendanya

Baca Juga: Mahfud Tuding Jokowi Melakukan Deforestasi Ugal-ugalan

Sementara, 4 ruas jalan di Kabupaten Magelang menggunakan anggaran Rp31,9 miliar. Hasilnya, perbaikan jalan mencapai 18,2 kilometer.

Keempat ruas jalan itu tidak dibangun dengan aspal. Melainkan rigid beton agar lebih awet.

"Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton," ucap Jokowi.

Dia juga berharap ruas-ruas jalan lainnya di Jawa Tengah bisa lebih mulus. Karenanya, Presiden juga akan meninjau ruas jalan lainnya di Jawa Tengah pada Selasa (23/1).

Editor


Komentar
Banner
Banner