News

Jokowi Ajak Parlemen Global Jadi Solusi Masalah Dunia

Jokowi mengajak parlemen dunia untuk bersama sama menyelesaikan permasalahan dunia

Featured-Image
Presiden Jokowi di Acara 8th G20 Parliamentary Speaker' Summit. Foto: Tangkapan Layar YouTube/@ Sekretariat Presiden.

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak parlemen dunia untuk menjadi solusi berbagai macam permasalahan dunia.

"Multilateralisme merupakan jalan yang efektif mengatasi tantangan bersama,"kata Jokowi dalam Pidato sambutannya di acara 8th G20 Parliamentary Speaker' Summit, di Gedung DPR, Kamis (6/10)

Menurut Jokowi, tidak ada  satu masalah pun di dunia yang bisa diselesaikan oleh satu negara ataupun beberapa negara.

"Kita harus mau duduk bersama," ujar Jokowi.

Jokowi ingin parlemen dunia duduk bersama berbicara dan membangun dialog. Dengan kebersamaan dan dialog, diharapkan bisa  menemukan jalan keluar  dari permasalahan dunia yang dihadapi.

Menurut Jokowi, konflik dan perpecahan justru akan menyengsarakan semua. Tidak ada yang diuntungkan dari konflik karena semua terdampak. Semua negara akan merugi dan terancam.

Situasi konflik harus bisa ada jalan keluarnya, karena tidak ada satu pun yang menang. Dalam situasi konflik sesungguhnya semua kalah.

Jokowi mengajak parlemen global untuk dapat menjadi bagian dari solusi dan berperan sebagai jembatan

"Pembawa misi perdamaian,"kata Jokowi

Jokowi juga berharap parlemen dunia bisa membangun dialog dan perundingan. Parlemen dunia juga diminta untuk mengedepankan kebersamaan dan menghindari perpecahan

Jokowi juga menegaskan, parlemen dunia adalah representasi suara rakyat. Representasi rakyat global yang dipilih dan yang dipercaya rakyat. Yang menjaring dan menyuarakan suara rakyat

Parlemen dunia juga bisa berperan untuk mengajak rakyat dunia untuk bekerja sama untuk menghadapi tantangan dunia, yang sangat berat ini.

Jokowi juga berharap, forum ini menjadi ajang yang tepat untuk membangun kebersamaan dengan rakyat.

"Membangun kebersamaan lintas negara," tutur Jokowi.

Membangun perdamaian dunia dan bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah masalah kemanusiaan dan membangun dunia yang lebih makmur dan berkeadilan.

Editor


Komentar
Banner
Banner