Nasional

Jokowi-Ma’ruf Amin Menang Telak di TPS Sultan Yogya

apahabar.com, YOGYAKARTA – Pasangan Jokowi-Ma’ruf menang telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Penembahan Yogyakarta. TPS tersebut…

Featured-Image
Hasil penghitungan suara pilpres di TPS Sultan HB X. Foto-detikcom

bakabar.com, YOGYAKARTA- Pasangan Jokowi-Ma'ruf menang telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Penembahan Yogyakarta. TPS tersebut merupakan tempat Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mencoblos.

Seperti dilansir detik.com, berdasarkan penghitungan surat suara pilpres 2019 yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS itu, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 172 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya memperoleh 55 suara.

Baca Juga:Quick Count Dimulai, Simak Hasil Dua Lembaga Survei yang Berbeda

Berdasarkan pantauan di lokasi, di TPS 15 Penambahan tercatat ada 285 DPT plus 7 DPTb dengan 231 di antaranya menyalurkan suaranya. Dari 231 pemilih tersebut paslon 01 memperoleh 172 suara, paslon 02 ada 55 suara dan empat surat suara dinyatakan tidak sah.

Sebelumnya, Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta semua pihak menerima dengan ikhlas hasil pemilu 2019. Termasuk kedua paslon yang sedang berebut suara di pilpres 2019.

“Jadi saya kira kalah menang itu sesuatu yang wajar karena pilihan publik itu yang menumbuhkan suara dipilih atau tidak. Saya kira ikhlas saja,” ujar Sultan kepada wartawan usai mencoblos di TPS 15 Penambahan, Rabu (17/4/2019).

Sultan mengingatkan penentu suara terbanyak di pemilu adalah rakyat. Oleh karenanya, Sultan meminta siapapun calon yang berebut kursi di lembaga legislatif dan eksekutif menerima keputusan dari rakyat tersebut.

“Ya saya kira yang punya hak kan publik, masyarakat, disamping dirinya sendiri juga punya hak untuk menentukan pilihan,” pungkas Sultan HB X.

Baca Juga:Angkat Tema Kearifan Lokal, TPS Ini Tekan Angka Golput

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner