Memaknai Iduladha 2023

Sambut Iduladha Jokowi Kurbankan 4 Sapi di Solo

Selain memberikan kurban sapi di Masjid Agung. Presiden Jokowi juga memberikan kurban sapi di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dan juga di Masjid Al Wustho.

Featured-Image
Sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu, (28/6). Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Presiden Joko Widodo pada perayaan Iduladha 1444 H tahun ini memberikan 4 ekor sapi untuk dikurbankan di Kota Solo.

Keempat sapi tersebut tersebar di tiga masjid yang ada di Kota Solo seperti Masjid Agung, Masjid Al-Wustho, dan Masjid Sheikh Zayed Solo.

Takmir Masjid Sheikh Zayed, Imron Supomo menerangkan pihaknya telah menerima dua ekor sapi kurban dari Jokowi. Kedua sapi tersebut berjenis benggala dan limosin seberat 1,042 ton.

"Penyembelihan besok setelah salat Iduladha di RPH Jagalan. Karena memang di Masjid Sheikh Zayed sendiri alat-alatnya tidak memungkinkan. Baru pertama kali ini mengadakan jadi kita antisipasi kebersihan juga," ujarnya kepada bakabar.com, Rabu (28/6).

Baca Juga: Jokowi dan Keluarga Soeharto Kurban Sapi di Masjid Agung Solo

Adapun proses penyembelihan rencananya akan dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) Jagalan. Hal tersebut dilakukan karena masjid tersebut belum memiliki peralatan yang memadai saat prosesi penyembelihan.

"Baru pertama kali ini mengadakan jadi kita antisipasi kebersihan juga," terangnya.

Menerima sapi kurban dari Jokowi, Imron mengaku telah mempersiapkan kepanitian pada satu minggu sebelumnya. Ini dilakukan agar prosesi kurban di masjidnya dapat berjalan maksimal.

"Agak mendadak tapi gak apa-apa," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi dan Keluarga Soeharto Kurban Sapi di Masjid Agung Solo

Sementara itu, di Masjid Al-Wustho, Jokowi sudah kesembilan kalinya ia berkurban di masjid tersebut. Adapun sapi yang dikurbankan di Masjid Al Wustho berjumlah satu ekor berjenis limo brengus. Sapi tersebut memiliki berat 1,1 ton.

"Kalau Pak Jokowi rata-rata kurban sapi jenis brengus yang paling sering. Beratnya sekitar 1,1 sampai 1,2 ton," kata Yusuf, Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Wustho kepada bakabar.com.

Sapi kurban Presiden Jokowi berjenis limo brengus di Masjid Al Wustho, Rabu, (28/6). Foto: bakabar.com/Fernando
Sapi kurban Presiden Jokowi berjenis limo brengus di Masjid Al Wustho, Rabu, (28/6). Foto: bakabar.com/Fernando

Adapun soal pembagian daging, kata Yusuf, pihaknya akan menyerahkan kepada warga wilayah sekitar pondok pesantren. Tak hanya itu, daging kurban juga akan diserahkan ke sejumlah yayasan yang sudah mengajukan proposal ke Masjid Al-Wustho.

Untuk pembagian daging, nanti kita serahkan ke warga wilayah sekitar pondok pesantren dan yayasan yang sudah mengajukan proposal," ungkap Yusuf, Ketua Panitia Kurban Masjid Al Wustho, Solo.

Selain di kedua masjid tersebut, Masjid Agung Solo juga menerima satu ekor sapi kurban berjenis simental, Sapi tersebut memiliki berat 1,8 ton.

Editor


Komentar
Banner
Banner