LIFESTYLE

Jenis-Jenis Pohon Natal yang Ada di Dunia

Pohon Natal biasanya menggunakan jenis pinus atau cemara. Selain itu, masih ada beberapa jenis pohon yang bisa Anda jadikan referensi

Featured-Image
Jenis cemara untuk pohon Natal. Foto: Dok. IDN.

bakabar.com, JAKARTA – Berbicara tentang Natal, tentu tak terlepas dari pernak-pernik, yang salah satunya, berupa pohon penuh hiasan lampu dan ornamen. Pohon itu biasanya menggunakan jenis pinus atau cemara.

Rupanya, pohon Natal tak cuma menggunakan dua jenis flora tadi. Masih ada sederet tanaman lain yang bisa dijadikan hiasan Natal, baik pohon alami yang dipotong, pohon hidup dalam pot, ataupun pohon buatan.

Lantas, jenis pohon apa sajakah yang bisa digunakan untuk menyemarakkan peringatan Natal? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasan yang dapat Anda jadikan referensi:

Balsam Fir

Balsam Fir atau cemara balsam merupakan jenis pohon yang berbentuk kerucut dengan daun lebat berwarna hijau tua. Daunnya pun berbentuk rata menyerupai seperti jarum.

Daun cemara balsam cenderung memiliki sedikit warna putih keperakan, di mana biasanya digunakan untuk karangan bunga Natal. Pohon cemara ini juga mengeluarkan bau harum.

Bagi Anda yang menginginkan pohon Natal berukuran tak terlalu besar, cemara balsam bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, tanaman ini khusus berukuran kecil hingga sedang, di mana tumbuh setinggi 66 kaki.

Fraser Fir

Fraser fir terkenal memancarkan aroma ‘menyenangkan’ dari daun yang berbentuk seperti jarum dan melingkar di sepanjang batang pohon. Cemara fraser biasanya tumbuh setinggi 50 kaki.

Dahannya berwarna kuning kehijauan, dengan bentuk kerucut dan agak miring ke atas. Cabang fraser fir juga sangat kokoh, sehingga cocok dihiasi dengan ornamen berat dan karangan bunga.

Canaan Fir

Cemara kanaan disebut sebagai hibrida dari balsam fir dan fraser fir. Sebab itulah, pohon berukuran sedang ini memiliki retensi jarum yang fantastis, daun rata seperti seperti jarum, dengan warna hijau yang bagus. 

Jenis yang satu ini, boleh dibilang, masih jarang digunakan sebagai pohon Natal. Karena itulah, bagi Anda yang ingin memiliki hiasan unik lagi berbeda, pohon canaan fir bisa jadi alternatif pilihan.

Douglas Fir

Cemara douglas menampilkan bentuk ‘piramida penuh’ dengan daun berwarna biru atau hijau tua. Tanaman itu merupakan jenis yang mengeluarkan aroma paling semerbak dari jenis pohon Natal lainnya.

Daun cemara ini berbentuk pipih, lunak, bahkan cenderung tumbuh berkelompok. Douglas fir tumbuh dari ukuran sedang hingga sangat besar, di mana tingginya bisa mencapai 330 kaki. 

White Pine

Pinus putih memiliki ‘jarum’ yang tumbuh di fasik atau bundel. Pohon bercorak hijau kebiruan dengan ujung runcing ini tidak begitu mengeluarkan aroma.

Bagi Anda yang ingin memiliki pohon Natal dengan hiasan minimalis, pinus putih bisa menjadi pilihan. Sebab, dahan pohon ini tidak terlalu kuat, bahkan cenderung lentur.

Blue Spruce

Blue Spruce atau cemara biru dikenal sebagai ‘pohon Natal dengan bentuk yang sempurna.’ Bagaimana tidak, pohon ini memiliki daun berbentuk jarum dengan warna biru keabu-abuan yang cenderung melengkung ke atas.

White Spruce

White Spruce atau cemara putih merupakan pohon besar yang tumbuh setinggi 130 kaki. Tanaman ini memiliki daun berbentuk seperti jarum pendek dan kokoh dengan warna biru kehijauan.

Itulah sejumlah jenis pohon Natal yang bisa jadi referensi Anda. Tertarik memiliki salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner