DPRD Kalsel

Jembatan Hantakan Rusak Diterjang Banjir, Legislator Kalsel Usul Perbaiki Jalan Darat

apahabar.com, BANJARMASIN – Jembatan penghubung rusak diterjang banjir, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi mengusulkan…

Featured-Image
Jembatan penghubung di Hantakan HSS rusak. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Jembatan penghubung rusak diterjang banjir, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi mengusulkan pemerintah daerah lebih prioritaskan perbaikan jalan darat di Hantakan HSS.

Menurutnya, jembatan yang sebelumnya dibangun kembali rusak akibat terjangan air sungai yang meluap akibat hujan deras.

“Kecuali, Pemerintah bagunkan jembatan atau titian yang lebih tinggi. Supaya tidak rusak jika kembali diterjang air besar,” saran Firman Yusi, Senin (31/5).

Perbaikan jalan yang dimaksud Firman ialah jalan penghubung desa yang rusak dari terkelupas hingga longsor akibat banjir. Hal itu menurutnya akan lebih aman jika diperbaiki dan bisa digunakan.

“Walaupun, jalan darat lebih jauh bila dibandingkan jembatan titian. Tetapi mungkin lebih baik daripada membangun kembali titian yang tidak memenuhi persyaratan dari antisipasi bencana banjir,” lanjutnya.

Ia berharap, perbaikan jalan darat hulu Hantakan itu segera dilaksanakan, untuk memudahkan hubungan warga, serta lebih membuka keterisolasian daerah pedalaman Pegunungan Meratus HST.

"Begitu pula titian tetap kembali terbangun dengan konstruksi yang memungkinkan terhindar dari terjangan banjir, guna lebih memudahkan atau percepatan hubungan warga masyarakat hulu Hantakan itu," tutup Firman Yusi.

img

Jembatan penghubung di Hantakan HSS rusak. Foto-Istimewa



Komentar
Banner
Banner