Kabar Haji 2023

Jemaah Haji Tertua Kalsel yang Wafat di Tanah Suci Mekkah

Setelah jemaah haji Siti Fatimah asal Hulu Sungai Tengah, kini jemaah dari Kotabaru juga meninggal dunia di Mina, Makkah, Jumat (30/6) pukul 06.25 waktu setempa

Featured-Image
Almarhum Yusuf Tagap sebelum berangkat ke Tanah Suci 16 Juni 2023 lalu. Foto-Kemenag Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Setelah jemaah haji asal Hulu Sungai Tengah berpulang, kini jemaah dari Kotabaru juga meninggal dunia di Mina, Mekkah, Jumat (30/6) pukul 06.25 waktu setempat.

Almarhum bernama Yusuf T Amrullah. Dia merupakan jemaah haji tertua asal Kalimantan Selatan yang berusia 98 tahun.

"Benar, alhmarhum merupakan jemaah tertua dari Banua," kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, Sabtu (1/7).

Baca Juga: Sosok Remaja Samarinda Joget di Makkah: TikToker, Selebgram hingga Penyanyi

Mendiang adalah jemaah haji asal Kotabaru yang sebelumnya berangkat dari Embarkasi Banjarmasin pada 16 Juni 2023 lewat kelompok terbang nomor 14.

Terkait meninggalnya Yusuf, Tambrin masih mengingat sosok lansia tersebut.

"Saya masih ingat waktu itu saat beliau mau diberangkatkan menuju bandara dari asrama haji, saya bersama Wakil Bupati Kotabaru masih sempat menyapa dan berbicara dengan beliau," tuturnya.

Dia juga menyampaikan bela sungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum.

"Kami mendoakan bersama, semoga almarhum senantiasa mendapat curahan rahmat dan magfirah dari Allah dan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah melepas kepergiannya," ujar Tambrin.

Baca Juga: Innalillahi, Jemaah Haji Asal Kotabaru Meninggal Dunia di Mekkah

Sebelum Siti Fatimah dan Yusuf Tagap, jemaah haji dari Barito Utara, Kalimantan Tengah atas nama Abdul Karim juga meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji pada 12 Juni 2023.

Abdul Karim yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin pada kloter 7 juga sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit King Fahad, Madinah.

Dengan demikian, total jemaah Embarkasi Banjarmasin yang meninggal saat melaksanakan ibadah haji berjumlah tiga orang. Dua dari Kalsel, satu dari Kalteng. Mereka adalah Siti Fatimah (HST), Abdul Karim (Barito Utara) dan teranyar Yusuf T Amrullah.

Editor


Komentar
Banner
Banner