News

Jemaah Haji Kloter 1 Mulai Tinggalkan Madinah Menuju Mekah

Pemindahan jemaah dari Madinah ke Mekah ini dilakukan secara bertahap sampai menjelang puncak haji di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna).

Featured-Image
Jemaah haji 2024 saat berada di Masjid Nabawi, Madinah.(Foto: surya.co.id)

bakabar.com, JAKARTA - Jemaah haji Indonesia Kloter 1 yang sudah tiba di Madinah sejak Minggu, 12 Mei 2024 mulai dipindah ke Kota Mekah, Senin (20/5/2024) pagi.


Pemindahan jemaah dari Madinah ke Mekah ini dilakukan secara bertahap sampai menjelang puncak haji di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna).


Sejumlah jemaah kloter 1 yang sempat ditemui mengaku sudah mempersiapkan barang bawaan yang akan dibawa ke Mekah. Abdul Hamid (63 tahun) yang tergabung dengan Kloter UPG-001 (Kloter 1 Ujung Pandang) Embarkasi Makassar mengaku barang-barang yang akan dibawa ke koper sudah disiapkan dan masuk koper semua.


"Tinggal angkut," kata Abdul Hamid, dikutip dari republika.co.id.


Hamid mengaku tidak berbelanja di Madinah, sehingga barang bawaannya tidak banyak. Kain ihram yang menjadi peranti wajib untuk umroh pun sudah disiapkannya.


"Tinggal dipakai dari hotel," katanya.


Jemaah lain yang juga akan berangkat ke Mekah pada pagi ini adalah Siti Rodah asal Lombok. Dia bersama dua rekan lainnya, yakni Wilujeng dan Nurrahmi, mengaku barang bawaannya bertambah. "Biasa. Mungkin sajadah untuk anak-anak, gelang dan itu-itu saja," kata Nurrahmi sembari tertawa yang diikuti dengan dua rekannya.


Tapi mereka berkata tidak menambah koper untuk oleh-oleh. "Ndak, hanya dua koper itu saja," ucap Siti Rodah.


Sementara persiapan untuk sang suami, ketiganya juga kompak jika bapak-bapak sudah menyiapkan barang bawaannya sendiri-sendiri. "Mandiri mereka. Menyiapkan semuanya sendiri, kan berbeda kamar juga," ucap Nurrahmi.


Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah mendorong jamaah haji gelombang pertama 2024 dari Kota Madinah Al Munawwarah ke Mekah Al Mukarramah, Senin (20/5/2024). Sebelum ke Mekah, jamaah dari Madinah diminta memakai kain ihram dari hotel dan mengambil Miqat Umrah di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.(*)


Editor


Komentar
Banner
Banner