Pemkab Kotabaru

Jelang Ramadan, Wabup Kotabaru Pantau Penyaluran Bansos di Pesisir Pulau Laut

Menjelang bulan suci Ramadan 1444 hijriah, Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif terjun langsung memantau penyaluran bantuan sosial di Desa Rampa, Pulau Laut

Featured-Image
Jelang Ramadan, Bang Arul terjun langsung cek penyaluran bansos. Foto : Diskominfo Kotabaru

bakabar.com, KOTABARU - Menjelang bulan suci Ramadan 1444 hijriah, Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif terjun langsung memantau penyaluran bantuan sosial di Desa Rampa, Pulau Laut Utara. 

Bantuan sosial tersebut meliputi program keluarga harapan (PKH) dan sembako dari Kementerian Sosial tahap pertama tahun 2023.

Di samping memantau agar penyaluran bantuan tepat sasaran, Andi Rudi Latif juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada 659 keluarga penerima manfaat (KPM) dalam bentuk uang Rp550.025.000.

Andi Rudi Latif mengatakan bantuan bersumber dari APBN 2023 tersebut akan disalurkan sebanyak 4 tahap dalam satu tahun pada 22 kecamatan se-Kotabaru.

Adapun jumlah penerima KPM dari PKH dan sembako di Bumi Sa Ijaan yang akan disalurkan lewat PT Pos Indonesia Cabang Kotabaru adalah sebanyak 8.409 dengan total uang tunai sebesar Rp7.423.575.000.

Bantuan yang diberikan dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga penerima manfaat, baik di bidang sosial, kesehatan dan pendidikan, sekaligus bagian dari upaya pencegahan stunting, kemiskinan ekstrem serta mengurangi dampak inflasi daerah. 

"Tentu menjadi harapan kami, adanya bantuan itu tadi bisa mendorong daya beli masyarakat kita khususnya bagi keluarga prasejahtera," ujar Bang Arul sapaan akrabnya.

Bang Arul bilang, pihaknya melalui TKPKD Kotabaru akan terus berupaya mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada di tengah masyarakat, baik dengan dana APBN, APBD maupun pihak ketiga. 

Ia juga menaruh harapan besar agar para keluarga penerima manfaat dapat mempergunakan bantuan tunai yang diterima tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan.

“Kami berharap uang yang diterima ini dipergunakan dengan sebaik mungkin, untuk keperluan rumah tangga sehari-hari," pesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Rampa, Syamsir Alam mengucapkan terima kasih kepada Wabup Kotabaru secara langsung memonitor penyaluran bantuan tahap pertama secara simbolis tersebut.

"Tentu, saya atas nama pribadi dan masyarakat Desa Rampa mengucapkan terima kasih, Bang Arul berkenan hadir serta menyerahkan secara langsung bansos tadi," ucap Syamsir, Rabu (15/3) malam.

Diinformasikan pula, mereka yang berhak menerima bansos PKH yaitu ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia 60 tahun ke atas dan orang dengan penyandang disabilitas. 

Editor


Komentar
Banner
Banner