Persiapan MTQ

Jelang MTQ Tingkat Kabupaten Ke-44, Kelurahan dan Desa Diminta Bina Qori

Bupati Kukar, Edi Damansyah meminta peran aktif kelurahan dan desa di Kukar dalam pembinaan qori dan qoriah, jelang pelaksanaan MTQ.

Featured-Image
Susana pembukaan MTQ tingkat Kabupaten ke-43 di Kecamatan Loa Kulu. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah meminta peran aktif kelurahan dan desa di Kukar dalam pembinaan qori dan qoriah, jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten ke-44 di Kecamatan Kota Bangun darat pada November ini.

Persiapan para pelantun ayat suci Alquran itu dimaksud agar Kukar terus memiliki qori dan qoriah berprestasi dalam perlombaan MTQ, tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga nasional.

"Oleh sebab itu, kami imbau para lurah dan kepala desa (Kades) turut berperan dalam pembinaan qori dan qoriah di wilayah masing-masing," tutur Edi, Minggu (29/10).

Baca Juga: Kecamatan Kota Bangun Darat Persiapkan MTQ Tingkat Kabupaten Ke-44

Tak hanya itu, lurah dan kepala desa juga diinstruksikan untuk memfasilitasi pembinaan qori dan qoriah melalui pengurus masjid di daerah mereka masing-masing.

"Kita juga harus hadir di tengah masyarakat untuk memberikan dorongan motivasi terkait pembinaan-pembinaan di bidang keagamaan," ujar Edi.

Hingga saat ini, Pemkab Kukar melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) terus melakukan pembinaan keagamaan. Pembinaan dilakukan melalui program gerakan masyarakat mengaji (Gema) yang sudah menjadi kebijakan pemerintah yang terus berjalan.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Gema dianggap sebagai bagian dari penguatan dan bentuk kehadiran Pemkab dalam pembinaan Tilawatil Quran. Program ini, tidak hanya memberikan pembinaan, tetapi juga pelatihan-pelatihan khusus. Hasilnya banyak prestasi telah diraih oleh Kukar.

"Dan itu adalah contoh pembinaan yang dilakukan bersama-sama oleh semua pihak," pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner