Sport

Jelang Matchday Terakhir Grup E: Jerman dan Spanyol Bisa Gagal Lolos ke 16 Besar

Melihat peta persaingan di grup E, Jerman dan Spanyol bisa saja gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Featured-Image
Jerman dan Spanyol bisa saja gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: NY Times

bakabar.com, JAKARTA - Melihat peta persaingan di grup E, Jerman dan Spanyol bisa saja gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan pamungkas grup E yang dilangsungkan berbarengan, Jumat (2/12) mulai pukul 03.00 Wita, Jerman akan menghadapi Kosta Rika dan Spanyol meladeni Jepang.

Jepang dan Kosta Rika yang sama-sama mengemas nilai 3 dari 2 pertandingan, dipastikan mengemas 6 poin andai mampu memenangi pertandingan terakhir.

Skenario tersebut memang kurang masuk akal untuk sebagian besar penggemar sepak bola. Namun apapun masih terjadi dalam situasi 90 menit di lapangan.

Peluang terburuk Jepang adalah apabila hanya bermain seri melawan Spanyol. Seandainya Jerman menang atas Kosta Rika dengan selisih lebih dari 1 gol, Jepang akan tersingkir.

Sementara kalau Kosta Rika mampu menundukkan Jerman di Al Bayt Stadium, Jepang yang hanya meraih 4 poin dipastikan gagal lolos.

Di sisi lain, Jerman mendapat tekanan lebih besar. Berbeda dengan Spanyol yang hanya butuh seri untuk lolos ke babak 16 besar, Der Panzer harus mengalahkan Kosta Rika.

Bahkan kemenangan atas Kosta Rika tak menjamin Jerman lolos, seandainya Jepang mampu mengalahkan Spanyol. Kalau skenario ini terjadi, Jepang memuncaki grup E dengan 6 poin dan Spanyol di urutan kedua.

Jerman baru bisa mendampingi Jepang, kalau memiliki selisih gol lebih bagus dibanding Spanyol yang sekarang punya selisih gol 7.

Seandainya Spanyol kalah 0-1 dari Jepang, Jerman bakal lolos kalau mampu mengalahkan Kosta Rika dengan selisih minimal 7 gol.

Jerman juga dapat melenggang ke babak 16 besar, apabila Jepang hanya mampu mengimbangi Spanyol. Catatannya Jerman harus menang dengan minimal selisih 2 gol atas Kosta Rika.

Foto: Google
Foto: Google



Editor


Komentar
Banner
Banner