mudik gratis

Jelang Libur Nataru, Kemenhub Siapkan 80 Armada untuk Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) sudah menyiapkan armada untuk program mudik gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Featured-Image
Suasana keramaian penumpang bus di Terminal Tidar, Kamis (7/12), Foto: apahabar.com/Arimbi

bakabar.com, MAGELANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) sudah menyiapkan armada untuk program mudik gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Suharto menerangkan masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis sudah bisa mendaftar melalui aplikasi mitra darat.

"Rencananya setiap hari kami menyiapkan 500 seat untuk perjalanan dari dan menuju Jakarta," kata Suharto saat ditemui bakabar.com di Terminal Tipe A Tidar, Kamis (7/12).

Baca Juga: Ajak Warga Sadar Angkutan Umum melalui City Tour Terminal Tidar

Suharto mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan 80 armada darat untuk program mudik gratis. Program tersebut menggunakan rute dari dan menuju Jakarta dengan tujuan 19 kota di Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

"Ada juga untuk armada kereta dan kapal, tetapi nanti beda koordinasi. Jumlahnya sedang dicek," ujarnya.

Lebih lanjut, Suharto menuturkan, pihaknya juga sudah melakukan rem check dan uji kelayakan armada untuk semua angkutan Nataru. Kemenhub juga akan melakukan revitalisasi dan perbaikan untuk semua terminal agar layak dan nyaman untuk persiapan arus mudik Nataru.

"Ada beberapa lokasi jembatan timbang yang akan dialihfungsikan sementara menjadi rest area," tuturnya.

Baca Juga: Mudik Gratis Bareng Kemenhub: Cek Tanggal, Kuota dan Rutenya!

Ia berharap, dengan adanya perbaikan yang maksimal pada semua armada dan terminal, bisa membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi menjadi angkutan umum.

"Terlebih, kerugian akibat polusi dan kemacetan sudah mencapai 12 triliun, dengan beralih ke angkutan umum, risiko tersebut bisa dihindari," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner