Nasional

Jelang Haul ke-19 Guru Sekumpul, Dishub Kalsel Tambah PJU dan Perbaiki Jalan

Sejumlah titik ruas jalan milik provinsi akan dipasang penerangan. Hal itu untuk menunjang pelaksanaan haul ke-19 Guru Sekumpul yang jatuh di Januari 2024 ini.

Featured-Image
Jalan Sungai Ulin-Mataraman salah satu akses yang dipasang PJU jelang haul ke-19 Guru Sekumpul. Foto-apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Pemprov Kalsel berupaya menunjang pelaksanaan haul ke-19 Guru Sekumpul yang kabarnya dilaksanakan Januari 2024.

Selain menambah Penerangan Jalan Umum (PJU) pada sejumlah titik, Pemprov Kalsel juga segera memperbaiki beberapar ruas jalan untuk kenyamanan jemaah menuju lokasi Haul Guru Sekumpul.

"Saat ini masih proses pemasangan. Isnyaallah sebelum haul Guru Sekumpul sudah nyala," kata Kabid Lalu Lintas Jalan pada Dinas Perhubungan Kalsel, Ihda Wardati, Kamis (4/1) petang.

Ruas jalan yang dipasang PJU adalah, Martapura Lama, akses baru menuju makam Datu Kelampayan, Sungai Ulin-Mataraman. Termasuk jalur-jalur alternatif yang akan digunakan ketika haul berlangsung.

Dari beberapa ruas jalan itu, sedikitnya ada 80 penerangan jalan umum atau PJU yang dipasang.

Anggarannya bersumber dari APBD Pemprov Kalsel sebesar Rp4,5 miliar. PJU yang dipasang ini diharapkan bisa membantu jemaah haul dalam penerangan.

"Semoga bermanfaat dan bisa dimaksimalkan," harap Ihda.

Selain memasang PJU, Dishub Kalsel juga menyiapkan segela sesuatu yang akan diperlukan pada pelaksanaan haul nanti.

"Kami siap mendukung persiapan yang dilakukan panitia atau tuan rumah, serta bekerja sama dengan Dishub Banjar," sahut Fitri Hernadi, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel.

Fitri menyebut, jika ada permintaan bantuan untuk manajemen rekayasa lalu lintas dan personel, pihaknya sudah dan selalu siap.

"Kami selalu siap dalam mendukung pelaksanaan haul Guru Sekumpul. Baik itu peralatan maupun personel," katanya.

"Semua peralatan kami siapkan untuk memperlancar seluruh kegiatan haul," pungkas Fitri.

Di sisi lain, Pemprov Kalsel juga memperbaiki sejumlah ruas jalan yang bakal dilalui jemaah haul.

Seperti Jalan Martapura Lama dan Jalan Trikora Banjarbaru. Sebagian yang rusak di jalan ini akan ditambal sulam.

"Untuk Jalan Trikora Banjarbaru juga akan kami tambal di bagian yang rusak," kata Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Kalsel,  Azan SY Muaz.

Adapun anggarannya, Azan menuturkan, yakni masuk di anggaran pemeliharaan rutin. "Tidak dianggarkan secara khusus," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner