Pemkab Tanah Laut

Jelang Hari Raya Iduladha, Disnakkeswan Tala Siapkan Tiga Pos Pantau Sapi Kurban

Melalui titik pos pemeriksaan, sapi kurban diangkut menggunakan mobil dan melintas di jalan raya diperiksa petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Di

Featured-Image
Disnakkeswan Tala cek kesehatan hewan kurban Iduladha. Foto-Diskominfo Tala.

bakabar.com, PELAIHARI - Melalui titik pos pemeriksaan, sapi kurban diangkut menggunakan mobil dan melintas di jalan raya diperiksa petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Kepala Disnakeswan Tala Iwan Persada mengatakan, kegiatan tersebut guna memastikan sapi kurban Iduladha yang dibawa oleh penjual dalam keadaan sehat setelah dilakukan pemeriksaan petugas.

“Pos pantau sapi kurban ada di Kecamatan Bati-Bati, tepatnya di Desa Banyu Irang dan Desa Pandahan, satu titik lagi ada di Kecamatan Bumi Makmur,” katanya, Selasa (27/6/2023).

Iwan menjelaskan selama pemeriksaan, sapi kurban asal Tala tidak ditemukan penyakit yang ditimbulkan oleh sapi kurban.

Menurut Iwan, apabila ternyata dijumpai sapi kurban yang sakit atau belum layak dikurbankan, pihaknya meminta dikembalikan.

Tidak itu saja lanjut Iwan, petugas pada pos pemeriksaan memastikan bahwa retribusi pengiriman benar-benar sudah diselesaikan.

Apabila belum, pengiriman tidak boleh dilanjutkan sebelum retribusi diselesaikan.

"Direncanakan pemeriksaan sapi kurban pada tiga pos yang disiapkan, akan berlangsung dari Selasa hingga Rabu," pungkasnya.


Teks foto/ petugas kesehatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tanah Laut (Tala). Lakukan pemeriksaan sapi kurban yang melintas depan pos pantau, Selasa (27/6/2023).

Editor


Komentar
Banner
Banner