Sport

Jelang Barito Putera vs PSM Makassar: Coach RD Waspadai Kejutan

Kendati PSM Makassar sedang timpang, Barito Putera tetap mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi menjelang duel di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (15/3)

Featured-Image
Barito Putera menelan kekalahan 0-2 dalam pertemuan dengan PSM Makassar di putaran pertama Liga 1 musim 2023/2024. Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, BANTUL - Kendati PSM Makassar sedang timpang, Barito Putera tetap mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi menjelang duel di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (15/3) malam.

Duel Barito Putera versus PSM Makassar akan dimulai pukul 21.00 Wita. Ini merupakan pertemuan dua klub yang sama-sama mengemas 37 poin.

Bedanya PSM berada di peringkat sembilan klasemen sementara Liga 1 musim 2023/2024. Sedangkan Barito satu tingkat di bawah.

Namun PSM tidak dalam kondisi terbaik. Klub juara bertahan Liga 1 ini sedang krisis pemain akibat cedera.  

Bahkan beberapa hari menjelang menghadapi Barito, pemain seperti Yance Sayuri, Adilson Silva, Akbar Tanjung dan Reza Arya masih menjalani latihan terpisah.

Namun demikian, kondisi tersebut tidak dianggap Barito Putera sebagai angin segar. Bahkan pelatih Rahmad Darmawan mengingatkan agar Bayu Pradana cs mewaspadai kejutan yang dapat dibuat lawan.

"Sebenarnya PSM terlihat seperti klub yang tidak memiliki masalah, karena setiap masalah justru membuat mereka semakin kuat," ungkap Coach RD dalam konferensi pers menjelang pertandingan.

"Makanya pemain-pemain kami harus disiplin menjalankan tugas agar mampu mengatasi lawan sesolid PSM," tegasnya.

Barito sendiri tidak memiliki masalah dengan kebugaran pemain. Carli de Murga yang absen dalam beberapa pertandingan terakhir akibat kurang fit, sudah berlatih bersama pemain lain.

"Untuk menghadapi PSM, kami melakukan persiapan dalam beberapa hari terakhir dengan simulasi-simulasi. Diharapkan ini bisa membantu pemain untuk bekerja efektif," tukas Rahmad.

Memang efektivitas masih menjadi persoalan yang belum dipecahkan Barito Putera. Itu terlihat dalam kekalahan melawan Persis Solo, Sabtu (9/3) malam.

Berdasarkan statistik pertandingan, Barito Putera menghasilkan 12 tendangan ke gawang, 8 di antaranya tepat sasaran dan hanya menghasilkan 1 gol.

Sedangkan Persis Solo melepaskan 13 tembakan ke gawang, tapi hanya 5 yang tepat sasaran dan berhasil dikonversi menjadi 2 gol.

Kemampuan Barito Putera mengkreasikan peluang, juga disadari benar pelatih Bernardo Tavares yang membawa PSM menjadi juara Liga 1 musim 2022/2023.

"Barito merupakan klub kompetitif, agresif dan intensif. Ketika mengalahkan Bali United, mereka mencetak empat gol dan mudah sekali membuat peluang,” urai Tavares.

Tavares juga mengakui kemampuan Barito dalam mengadaptasi sistem bermain. Salah satunya bermain dengan 3 atau 4 pemain bertahan dalam satu pertandingan.

"Barito Putera pernah memainkan Hasim Kipuw dari bek menjadi gelandang. Renan Alves juga bisa menentukan karena sewaktu-waktu berada di kotak penalti untuk membuat peluang," beber Tavares.

"Tentunya kami harus siap untuk segala hal. Pun kami sudah mempelajari permainan mereka, sehingga faktor yang dapat menjadi pembeda dalam pertandingan nanti adalah mentalitas," tambahnya.

Menilik rekor pertemuan kedua klub di Liga 1, PSM asuhan Bernardo Tavares cukup dominan atas Barito Putera. Dalam 3 kali pertemuan, PSM meraih 2 kemenangan dan hanya sekali imbang.

Adapun pertemuan di putaran pertama Liga 1 musim 2023/2024, PSM mempermalukan Barito di Stadion BJ Habibie dengan skor 2-0. Dua gol Pasukan Ramang dicetak Kenzo Nambu dan Rasyid Bakri.

Editor
Komentar
Banner
Banner