Piala Dunia 2022

Jejak Argentina Cetak Megabintang Sepak Bola

Argentina memenangkan Piala Dunia 2022 usai berhadapan dengan Prancis pada Minggu (18/12). Argentina memang bukan pendatang baru dalam dunia sepak bola

Featured-Image
Messi, Maradona, dan Pele. Foto: Marca.

bakabar.com, JAKARTA - Argentina sukses memenangkan ajang Piala Dunia 2022 usai berhadapan dengan Prancis pada Minggu (18/12) kemarin. Ini adalah yang ketiga kalinya tim negara tersebut membawa pulang trofi emas berdesain manusia memegang bumi.

Tim berjuluk The White and Sky Blue itu kembali mengangkat trofi setelah memenangkan gelaran Piala Dunia pada 1978 dan 1986. Mereka pun tercatat tiga kali menjadi runner-up pada ajang yang sama di tahun 1930, 1990, dan 2014.

Argentina sendiri memang bukan pendatang baru dalam dunia sepak bola. Mereka pertama kali mengenal olahraga tersebut pada 1867, ketika sekelompok pemain Inggris yang tinggal di Buenos Aires bermain sepak bola di lapangan terbuka.

Barulah pada 1891, klub sepak bola pertama di Argentina berdiri dengan nama Quilmes Atlético Club. Kemudian pada 1893, Asociación Argentina de Football, yang merupakan federasi sepak bola pertama di Argentina, juga didirikan di Buenos Aires.

Laga demi laga terus dihadapi tim Argentina, hingga membawa mereka pada ajang Piala Dunia pertama, yang digelar tahun 1930 di Uruguay. 

Kemenangan Manis dalam Piala Dunia

Sayangnya, laga pertama Argentina pada ajang yang diinisiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) itu belum membuahkan hasil. Mereka baru meraih kemenangan pertama pada 1978, usai mengalahkan Belanda.

Argentina kembali menyandang gelar juara pada 1986 dengan Diego Maradona sebagai bintangnya. Kala itu, saat menghadapi Inggris di perempat final, Maradona mencetak gol terbaik sepanjang masa versi FIFA.

Bagaimana tidak, dirinya berlari melewati lima pemain Inggris sembari membawa bola dari tengah lapangan. Maradona lantas membobol gawang lawan dengan ‘gol tangan Tuhan’ – dinamakan demikian karena bola mengenai kepala dan tangannya. 

Gol tersebut sempat menuai pro kontra, sampai akhirnya, sang bintang mengakui sendiri bahwasanya itu tidak sah. Sebab, gol ini tercipta murni dengan tangannya.

Cetak Sederet Megabintang

Terlepas dari kontroversi yang demikian, Diego Maradona menjadi salah satu pemain sepak bola Argentina yang paling terkenal di dunia. Dia bahkan meraih gelar Pemain Terbaik Dunia pada 1986 dan 1990. 

Maradona juga memenangkan banyak trofi lain selama kariernya di klub-klub seperti Boca Juniors, Napoli, dan Barcelona. Selain itu, Argentina juga menyimpan sederet megabintang lapangan hijau.

Sebut saja, Gabriel Batistuta, yang juga meraih segudang penghargaan individu selama berkarier, termasuk Top Scorer Serie A. Batistuta pun sukses menyabet banyak trofi saat bergabung dengan klub Fiorentina dan Roma.

Alfredo Di Stefano juga sukses mengukir namanya jadi pemain sepak bola Argentina kenamaan di era 1950-an. Dia meraih banyak penghargaan individu selama berkarier, termasuk Pemain Terbaik Dunia pada 1957.

Pun begitu dengan Jorge Valdano, pesepakbola ternama di era 80-an. Dirinya meraih kemenangan di Piala Dunia pada 1986, bahkan meraih trofi bersama klub seperti Real Madrid dan Barcelona. 

Teranyar, bintang lapangan hijau yang tengah digandrungi belakangan ini, ialah Lionel Messi. Dia bahkan mendapat predikat Pemain Dunia Terbaik sebanyak tujuh kali, juga meraih banyak trofi bersama Barcelona.

Editor


Komentar
Banner
Banner