Relax

Jangan Sepelekan Diare dan Sembelit, Bisa jadi Pertanda Penyakit Kronis

apahabar.com, JAKARTA – Gejala kanker usus besar bisa berbeda-beda. Sebagaimana disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Digestif,…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Gejala kanker usus besar bisa berbeda-beda. Sebagaimana disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Digestif, Wifanto Saditya Jeo.

“Usus besar itu dibagi menjadi dua, yaitu bagian kanan dan kiri,” kata dia, dalam acara Cancer Community Festival 2022 di Jakarta, Sabtu (6/8).

img

Wifanto menyebut bila tumor berada di sebelah kanan, gejala yang umumnya ditimbulkan ialah diare kronis. Hal ini dikarenakan fungsi penyerapan terganggu, sehingga zat sisa pencernaan yang baru diterima dari usus kecil langsung menjadi kotoran halus dan cair.

Benjolan pada usus besar sebelah kanan ini umumnya ditemui pada orang-orang yang berusia lanjut. Serta, lebih dominan dialami perempuan.

Sementara itu, Wifanto memaparkan tumor yang berada di usus besar sebelah kiri, cenderung menunjukkan gejala sulit buang air besar.

Benjolan pada usus sebelah kiri biasanya dialami oleh orang-orang yang berusia lebih muda. Serta, lebih dominan diidap lelaki.

Selain diare dan sembelit, masih ada sejumlah gejala yang mengindikasikan kanker usus besar. Di antaranya, nafsu makan menurun, mual, kembung, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Wifanto berpesan, jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter. Sebab, menurutnya, masih banyak masyarakat yang abai soal hal ini.

“Kadang-kadang kita menganggap (gejala) itu seperti infeksi biasa. Kalau dikasih obat, sembuh,” tutupnya. (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner