Tak Berkategori

Jangan Malas Berjemur di Pagi Hari, Manfaatnya Banyak Lho!

apahabar.com, JAKARTA – Bermalas-malasan sudah menjadi kebiasaan rutin bagi sebagian orang di akhir pekan. Kebiasaan mengurung diri di…

Featured-Image
ilustrasi, berjemur di pagi hari. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA-Bermalas-malasan sudah menjadi kebiasaan rutin bagi sebagian orang di akhir pekan. Kebiasaan mengurung diri di rumah tentu membuat kita tak mendapat asupan sinar matahari, padahal hal itu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dr Clare Morrison, seorang dokter umum dan konsultan medis di Medexpress mengatakan, sedikit terpapar sinar matahari bisa berdampak negatif pada kesehatan.

“Kurangnya paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat berdampak buruk bagi tubuh kita. Singkatnya, kekuranganvitamin Dtak hanya berdampak secara fisik tapi juga mental pada dirimu,” kata Dr Morrison dikutip dari The List.

Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin dalam tubuh dapat menurun dan hal ini bisa terkait dengan risiko depresi mayor yang lebih tinggi.

Resiko lainnya dari kurangnya terkena paparan sinar matahari adalah tulang yang melemah, cacat kaki, sejumlah kanker, depresi, masalah kulit, naiknya berat badan, serta masalah kognitif.

Sejumlah peneliti dari University of Southampton menyokong pendapat itu, mereka mengungkapkan bahwa sedikit terpapar sinar matahari dan berkurangnya vitamin D bisa mempengaruhi mood, energi, dan bahkan tidur.

“Semakin lama periode terpapar sinar matahari, semakin lama kita merasa tubuh semakin sehat. Kita memiliki lebih banyak energi, merasa lebih aktif, lebih kreaif, dan bahagia,” imbuh Dr Aarohee Desai-Gupta, psikiater dari The Royal College of Psychiatrists.

Nah, memastikan mendapatkan vitamin D yang cukup, sangat krusial. Hal ini bisa menjadi alasan yang tepat bagi anda untuk tidak bermalas-malasan keluar rumah pagi-pagi. Berjemurlah, berbahagialah!(dtk)

Baca Juga: Sosiolog: Fenomena Kerajaan Muncul karena Minim Kesejahteraan Sosial

Baca Juga: Jangan Salah, Begini Cara Pasang Masker

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner