Hot Borneo

Jalan Banjarbaru-Batulicin Sudah Diaspal Sepanjang 25 Kilometer

Pengaspalan jalan Banjarbaru - Batulicin sudah mencapai 25 kilometer dari total panjang jalan 100 kilometer. Proyek ini sudah digarap sejak 2019. 

Featured-Image
Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan, saat memberi keterangan soal jalan Banjarbaru-Batulicin. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Pengaspalan jalan Banjarbaru-Batulicin sudah mencapai 25 kilometer dari total panjang jalan 100 kilometer. Proyek ini sudah digarap sejak 2019. 

Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Kalsel, Yasin Toyib, mengatakan pengerjaan jalan sepanjang 75 kilometer yang belum ditangani meliputi pengerasan dan pengaspalan.

"Serta pengerjaan enam buah jembatan dan 23 box culvert," katanya, Senin (13/2).

Baca Juga: Twitter Raup Untung Rp289 Miliar dari Akun Ujaran Kebencian

Proyek ini diproyeksikan menelan anggaran sebesar Rp1 triliun. Yasin menyampaikan pengerjaan jalan sepanjang 25 kilometer itu sudah menelan anggaran Rp385 miliar.

Ruas jalan yang sudah dikerjakan hingga diaspal mulai Jembatan Awang Bangkal hingga simpang tiga Bukit Batu Desa Sungai Luar, dan dari arah Batulicin.

Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan, belum bisa memastikan kapan rampung pengerjaan jalan membelah gunung ini selesai. 

"Karena bergantung ketersediaan anggaran,” papar Solhan.

Baca Juga: Mantan Kades di Kelumpang Kotabaru Kembalikan Kerugian Negara Rp50 Juta

Solhan menuturkan jika dihitung dari Simpang Empat Banjarbaru hingga Batulicin total panjang jalan mencapai 180 kilometer. Pada 2023, pemerintah masih akan mengalokasikan Rp150 miliar untuk peningkatan jalan. 

Terpisah, Syahril Gunawan, warga Banjarbaru yang bekerja di Batulicin meraspons positif pengerjaan jalan itu. Dia berkata selama ini perlu waktu delapan jam jika ingin pulang kampung. 

"Kalau jalan baru ini sudah jadi, ketika saya mau pulang kampung mungkin bisa sekitar tiga jam saja," tuturnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner