Jakarta Waspada Banjir

Jakarta Diguyur Hujan Deras, Puluhan RT Kebanjiran

Sebanyak 21 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak Minggu malam hingga Senin (27/2/2023).

Featured-Image
Ilustrasi banjir Jakarta. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak 21 rukun tetangga (RT) di Jakarta terendam banjir imbas hujan semalaman suntuk yang mengguyur sejak Senin dini hari (27/2).

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, sampai pagi ini ketinggian banjir cukup bervariasi. Mulai 20-80 cm di sejumlah wilayah Jakarta. 

"Pukul 03.00 WIB, BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 17 RT dan 3 ruas jalan tergenang saat ini menjadi 21 RT atau 0,069% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pusdatin BPBD DKI, M Insyaf. 

Baca Juga: Peringatan Dini, Jakarta Waspada Hujan Berpetir

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut; di Jakarta Barat sebanyak 11 RT, Jakarta Selatan 2 RT, dan Jakarta Timur sebanyak 8 RT.

"Ketinggian air mulai dari 30-80 cm. Penyebab banjir karena curah hujan tinggi, luapan Kali Item, Kali Krukut, dan Kali Ciliwung," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh daerah di DKI Jakarta akan diguyur hujan dalam berbagai intensitas dan waktu. Warga di seluruh daerah di ibu kota diminta waspada.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di seluruh Jakarta pada pagi hari,” ujar keterangan BMKG, Senin (27/2).

Editor


Komentar
Banner
Banner