Habar Ramadan

[ Habar Ramadan ] Jadi Lebaran Tanggal Berapa?

Penetapan tanggal 1 Syawal kerap menimbulkan perbedaan antara PP Muhammadiyah dan juga PB NU serta pemerintah. Lalu mengapa perbedaan itu bisa terjadi?

bakabar.com, JAKARTA - Pertanyaan kapan Hari Raya Idulfitri tahun 2023 mulai banyak dipertanyakan umat islam di Indonesia.

Penentuan kapan 1 syawal 1444 H, dari 2 organisasi islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, kemungkinan juga akan berbeda.

PP Muhammadiyah, telah menetapkan awal bulan Syawal, bertepatan dengan hari Jumat, 21 April 2023. Sehingga puasa Ramadan versi Muhammadiyah, akan berakhir pada hari kamis, 20 April 2023.

Baca Juga: MUI: Penetapan 1 Syawal 1444 H Kemungkinan Bakal Berbeda Pendapat

Seperti diketahui, dalam menentukan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal, yaitu ketika matahari terbenam lebih dulu daripada bulan, meskipun hanya berjarak 1 menit atau kurang.

Sementara itu, pemerintah dan Nahdlatul Ulama, belum memastikan lantaran menggunakan metode yang berbeda.

Pemerintah indonesia dan PBNU memakai 2 metode dalam menentukan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah, yakni dengan hisab serta Rukyatul Hilal.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Agama, masih akan melaksanakan sidang Isbat, pada kamis 20 april 2023, dalam menentukan Idulfitri 2023.

Jadi, ada kemungkinan tahun ini Indonesia, bakal melaksanakan dua kali solat Idulfitri.

Editor


Komentar
Banner
Banner