Spesifikasi Land Cruiser 200

Intip Spesifikasi Land Cruiser 200 yang Digunakan Jeje pada AXCR 2023

Julian Johan akan mengikuti ajang balap Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 dengan menggunakan Toyota Land Cruiser 200.

Featured-Image
Jeje ikut AXCR 2023 menggunakan Land Cruiser 200. Foto: dok. pribadi Jeje

bakabar.com, JAKARTA - Julian Johan akan mengikuti ajang balap Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 dengan menggunakan Toyota Land Cruiser 200.

Menurut Julian Johan, Toyota Land Cruiser 200 memiliki track record yang sangat baik, bukan hanya dari segi penjualan yang kerap merajai segmen full-sized SUV, namun juga karena ketangguhan serta kenyamanannya.

“Ketika saya menyaksikan Rally Dakar lalu, saya bertemu dengan pembalap Jepang yang menggunakan mobil tersebut dan di situ saya banyak berbincang-bincang dengan mereka. Sehingga saya banyak dapat pengetahuan untuk mobil yang saya akan gunakan nanti," ujar pria yang akrab disapa Jeje saat jumpa pers di Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, Jeje harus merelakan waktunya dalam menemukan formula yang pas untuk kendaraan SUV keluaran Jepang yang akan ditungganginya pada ajang AXCR 2023 mendatang. "Untuk pembangunan mobil ini memakan waktu kurang lebih 1 tahun lamanya.

Baca Juga: Pakai Land Cruiser 200, Pereli Jeje Siap Harumkan Indonesia di AXCR 2023

Agar menghemat beban dari kendaraan itu, Jeje bersama tim harus merelakan untuk membuang beberapa komponen yang ada di dalamnya seperti jok belakang, panel door trim.

Selain itu ada beberapa aksesori lainnya yang digantikan dengan roll bar membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.

Bukan itu saja, bangku depan kendaraan ini juga telah mengalami pergantian menggunakan model racing yang sesuai dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Di bagian eksterior, mobil ini juga mengalami perombakan seperti bagian body, bumper dan wide fender, menggunakan bahan karbon dan polycarbonate untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari berat aslinya.

Baca Juga: Tim Mitsubishi Ralliart Optimistis Raih Juara di Ajang Reli AXCR 2023

Soal jantung pacu, mobil ini menggunakan mesin V8 3UR-FE 5700cc dilumasi dengan oli Motul 300V yang akan memiliki internal berbahan forged dengan full exhaust system.

"Mesin 3UR-FE ini merupakan tipe mesin tertinggi di seri 200 dan mesin standar Land Cruiser 200 versi Amerika serta mesin Lexus LX570 yang merupakan saudara kembar dari Land Cruiser 200,” jelas dia.

Kaki-kaki LC 200 juga sudah diasupi dengan sistem suspensi yang dimiliki oleh Toyota Tundra dengan arm Total Chaos Fabrication yang dikawinkan dengan shockbreaker King Shocks.

Baca Juga: Empat Mode Berkendara Bisa Jadi Senjata The New SUV Mitsubishi Motors

Lalu bannya menggunakan model Goodrich K02 & KM3 dengan ukuran 285/70 ring 17 serta velg Braid Wheels Dakar berukuran 17x8 untuk melibas berbagai medan yang akan dihadapi pada ajang AXCR 2023 nanti.

Dalam ajang AXCR 2023, Julian Johan bersama dengan Recky Resanto sebagai co-drivernya akan masuk dalam kelas T1G. Kelas ini termasuk kelas yang bergengsi untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4x4.

Editor
Komentar
Banner
Banner