Kalsel

Ini Tempat Ibadah di Banjarmasin Fasilitasi Siswa Belajar via Daring

apahabar.com, BANJARMASIN – Para siswa di Kota Banjarmasin yang kesulitan saat kegiatan belajar di rumah karena…

Featured-Image
Seorang siswa memanfaatkan fasilitas wifi internet gratis di Masjid Al Muhajirin, Banjarmasin Utara. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi.

bakabar.com, BANJARMASIN – Para siswa di Kota Banjarmasin yang kesulitan saat kegiatan belajar di rumah karena jaringan internet, tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pengelola Masjid Al Muhajirin di Kecamatan Banjarmasin Utara, telah menyediakan fasiltas wifi akses internet gratis guna belajar via daring.

Fasilitas ini telah digunakan para siswa. Mereka nampak berkumpul di teras salah satu masjid yang berlokasi di Jalan HKSN tersebut.

Dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Terutama siswa yang tinggal di kawasan Alalak Tengah dan Selatan.

Pengurus Masjid Al Muhajirin, H Yuherli mengatakan, pengadaan fasilitas wifi itu merupakan salah satu program dari takmir yang menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

Namun, pengelola juga sadar bahwa Kota Seribu Sungai masih rawan akan penularan Covid-19, maka protokol kesehatan tetap diutamakan selama siswa menggunakan fasilitas tersebut.

"Wifi gratis ini diadakan untuk membantu para siswa yang berada di sekitar lingkungan masjid yang mempunyai keterbatasan ekonomi dalam membeli kuota untuk bisa mengikuti sekolah online," jelasnya ketika ditemui awak media.

Menurutnya, fasilitas wifi tersebut sudah dibuka untuk umum, sejak lima hari yang lalu.

"Jadi internet gratis ini memang khusus diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu dalam membeli kuota untuk memenuhi tuntutan belajar, mengerjakan tugas, maupun ujian secara online. Siapa saja boleh mempergunakannya untuk belajar," terangnya.

Dia menjelaskan pihaknya tetap mempunyai syarat ataupun catatan yang harus diperhatikan oleh para siswa yang belajar di teras Masjid Al Muhajirin tersebut.

"Jika waktu salat telah tiba, maka siswa yang makai wifi gratis ini harus ikut melaksanakan salat di masjid," ungkapnya.

Salah satu siswa Kelas 9 MTS M3 Al Furqon, Raihan Zubair (14) mengaku sangat terbantu dengan adanya wifi gratis ini.

"Adanya wifi ini saya bisa menghemat uang untuk membeli kuota. Alhamdulillah wifi nya lancar bisa belajar melalui daring selama wabah Covid-19 ini," timpalnya.

Masifnya penularan Covid-19 di Banjarmasin, membuat proses belajar mengajar jarak jauh diterapkan.

Sementara itu, tidak semua orangtua sanggup membelikan kuota internet untuk anaknya.

Beruntung, Takmir Masjid Al-Muhajirin yang terletak di kawasan padat penduduk itu membuka fasilitas wifi gratis. Dengan begitu, beban orangtua sedikit terbantukan.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner