Hot Borneo

Ingin Jadi Anggota KPU Kabupaten/Kota di Kalsel, Simak Syaratnya

Pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka hingga 17 Maret 2023.

Featured-Image
Pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten Kota se Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka hingga 17 Maret 2023. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka hingga 17 Maret 2023 mendatang.

Sistem penjaringan dibagi dua wilayah, yakni Kalsel 1 dan Kalsel 2.

Kalsel 1 meliputi Kabupaten Banjar, Batola, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan Balangan.

Sementara Kalsel 2 yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Tapin.

Ketua Timsel Kalsel 1, Masyithah Umar menerangkan pendaftar dapat mendaftarkan diri melalui portal sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (SIAKBA).

Selain itu pendaftar juga bisa dengan mengambil formulir pendaftaran di sekretariat Timsel di HBI Banjarmasin.

"Pendaftaran sudah kita buka, calon bisa mengakses portal SIAKBA," ujar Umar.

Dia menjelaskan pendaftar diwajibkan menyiapkan dua dokumen, yakni dokumen digital untuk diupload melalui portal, serta dokumen fisik yang dikirimkan ke sekretariat Timsel.

Persyaratan untuk bisa mendaftar sebagai calon anggota KPU Kabupaten/Kota ini yakni tak jauh berbeda dengan syarat untuk KPU Kalsel.

Hanya saja minimal usia untuk KPU Kabupaten/Kota yakni 30 tahun dan minimal pendidikan sekolah menengah atas (SMA/Sederajat).

Ia juga mengingatkan keterwakilan perempuan, sesuai dengan UU No 2 Tahun 2007 Pasal 6 Ayat 5 tentang  penyelenggara pemilu mengatur agar komposisi penyelenggara pemilu memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

"Jadi untuk para perempuan jangan takut untuk mendaftar karena ini amanat Undang-Undang," pungkasnya.

Adapun tahapan dalam seleksi calon anggota KPU Kab/Kota ini yakni, pendaftaran tertanggal 6-17 Maret, verifikasi berkas, tes tertulis dan psikologis, 20 besar akan mengikuti tes wawancara, lalu 10 besar yang lolos ke tahap selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner