Tak Berkategori

Indonesia Punya 2 Gunung Berapi Seperti di Tonga

apahabar.com, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut ada dua gunung berapi bawah…

Featured-Image
Gunung Bawah Laut di Tonga meletus. Foto-AP

bakabar.com, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut ada dua gunung berapi bawah laut yang pernah meletus di Indonesia. Keduanya menyebabkan tsunami seperti di Tonga.

“Dari sejarah yang mengakibatkan tsunami (adalah) gunung Hobal dan Banua,” kata Kepala PVMBG Andiani, dilansir CNN Indonesia, Minggu (16/1).

Sangir dan Banua Wuhu yang terletak di Perairan Sangir.

Selain dua gunung tersebut, ada empat gunung lainnya yang juga selalu dipantau PVMBG, yakni gunung Emperor of China dan Nieuwekerk di perairan Maluku. Terakhir gunung Yersey dan Hobal di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun demikian, kata Andiani, aktivitas gunung api tersebut tak memiliki dampak besar terhadap terjadinya tsunami di Tanah Air. Menurut dia, letak kawah gunung api itu di bawah permukaan laut yang sangat dalam.

“Letak kawahnya lebih dari 500 meter dari permukaan laut (termasuk dalam), maka berdasarkan catatan atau bukti sejarah menunjukkan dampak yang kecil untuk terjadi tsunami,” ucapnya.

Diketahui, insiden tsunami itu terjadi pada Sabtu (15/1) kemarin. Sejumlah negara tetangga mewaspadai peringatan tsunami di area pesisir Samudera Pasifik usai gunung berapi bawah laut Tonga meletus.

“Berdasarkan data kejadian erupsi suatu gunung api tidak mempengaruhi aktivitas gunung api lainnya, hal ini jika berlaku untuk gunung Tonga,” tambah dia.



Komentar
Banner
Banner