Kalsel

Ibnu Sina Lepas Peserta Touring Borneo Lintas 3 Negara

apahabar.com, BANJARMASIN – Tiga peserta Touring Kemerdekaan bersiap melakukan misi perjalanan jauh melintasi 3 negara. Sebelum…

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berbincang dengan salah satu peserta Touring Borneo Lintas 3 Negara. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Tiga peserta Touring Kemerdekaan bersiap melakukan misi perjalanan jauh melintasi 3 negara. Sebelum bertolak, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina diberi kesempatan untuk melakukan pelepasan di Balai Kota Banjarmasin, Rabu (5/2).

Sekadar diketahui, biker Shirath Banjarmasin ini bakal menempuh perjalanan ribuan kilometer dari Kota Banjarmasin (Indonesia) menuju Kuching (Malaysia) dan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam).

Perkiraan waktu yang bakal mereka habiskan sekitar 15 hari, sejak 5-20 Februari 2020, dengan jarak tempuh 6,000 kilometer.

“Jika cuaca bagus dan di jalan tidak ada hambatan, estimasi waktu touring 15 hari bisa tembus pulang pergi,” ujar koordinator Touring Borneo Muhammad Tasrif kepadabakabar.com.

Rencana tersebut berdasarkan alokasi waktu satu race atau jalan sekitar 3 hari.

Di sela touring, lanjut dia, akan dilengkapi dengan kegiatan sosial berupa menjalin hubungan silaturahmi bersama bikers daerah maupun negara lain. Sekaligus bisa bekerja sama dalam bidang sosial dan budaya.

Misalnya untuk Indonesia dari Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Kalimantan Barat (Kalbar) membikin beberapa titik untuk pengendara beristirahat. Seperti tempat ibadah dan lainnya.

“Karena sepanjang itu biasanya sepi rumah jalan dan kita ingin membikin tempat istirahat,” katanya.

Dalam touring, ia menjelaskan ada beberapa persiapan yang wajib dipenuhi. Motor yang dibawa harus diatur terlebih dahulu supaya nyaman untuk dikendarai dalam menempuh jarak yang cukup jauh dengan medan yang beragam.

Ditambah alat dan suku cadang kendaraan untuk memperbaiki motor apabila ada masalah di jalan. Logistik berupa bekal makanan dan stok pakaian juga ikut dalam daftar pelengkapan touring.

“Kita juga memakai jaringan club motor di setiap daerah, karena ada tradisi semacam jamuan dan mereka layani kalau ada orang melakukan touring,” imbuhnya.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sian mengharapkan dengan dilepasnya peserta Touring Borneo Lintas Tiga Negara tersebut bisa lebih mempromosikan wisata Kota Seribu Sungai.

“Semoga sampai tujuan dan kembali lagi di Banjarmasin dengan selamat,” ujarnya mendoakan.

Baca Juga: Banjir Rendam Kalsel, Tabalong Paling Parah

Baca Juga:5 Mahasiswa Balangan yang Belajar ke China Belum Pulang

Baca Juga: Bulan Kasih Sayang, Duta Mall Banjarmasin Gencarkan CSR

Baca Juga: Cegah Sebaran Virus Corona, Imigrasi Banjarmasin Stop Izinkan Warga Tiongkok ke Kalsel

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner