Nasional

HUT RI di Tabalong, Selain Upacara Bakal Ada Penampilan Kesenian Rakyat 

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Pemkab Tabalong juga akan menggelar Upacara Detik-detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Kamis (17/8).

Featured-Image
Salah satu rangkaian HUT ke-78 RI, Bupati Tabalong mengukuhkan anggota Paskibra. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Seperti daerah lainnya di Indonesia, Pemkab Tabalong juga akan menggelar Upacara Detik-detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Kamis (17/8).

Kegiatan tersebut akan digelar di halaman Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Sebelum pelaksanaannya, sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan, seperti napak tilas, pengukuhan anggota paskibra.

"Hari ini kita juga menggelar gladi bersih upacara bendera pada pagi dan sore hari di halaman Pendopo Bersinar," kata Kabag Tata Pemerintahan pada Setda Tabalong, Gusti Judid Ihsan Permana,Rabu (16/8).

Kemudian, lanjut Judid, pada malam ini akan digelar pawai penetapan waktu (taptu) dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia.

Pawai akan dimulai pada pukul 20.30 Wita dengan diikuti puluhan instansi dan organisasi kemasyarakatan hingga kepemudaan serta pelajar.

"Hingga saat ini sudah 40 peserta akan ikut pawai taptu, terdiri dari  TNI Polri, Brimob, ASN, UPBS, ormas, kepemudaan, pramuka, pelajar SMK/SMA, karang taruna dan komunitas," beber Judid.

Dijelaskan Judid, pawai akan dilepas  dari depan Gedung Sarabakawa menyeberang jembatan dan berputar di perempatan Sulingan.

Kemudian kembali arah Tanjung masuk jalan Pangeran Antasari sampai ke depan Masjid Ash Shiratal Mustaqim Tanjung lalu finis halaman Sarabakawa.

"Rute ini berbeda dari tahun lalu yang pelaksanaannya dari Pendopo Bersinar, karena kita ingin lapangan yang jadi tempat upacara steril," jelas Judid.

Kata Judid, persiapan kegiatan tersebut sudah dilaksanakan,  penyelenggara dari Disporapar.

"Mereka telah menyiapkan obor, keamanan, ambulans dan pemadam," ucapnya.

Setelah pawai taptu, jajaran Forkopimda akan bergeser ke Balai Rakyat Dandung Sukhrowardi (dulu Wisma Tamu Bersinar).

"Ke wisma mereka untuk persiapan giat renungan suci di makam pahlawan. Renungan suci InsyaAllah kita gelar pukul 00.00 Wita nanti yang jadi inspektur Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto," beber Judid.

Esok harinya digelar upacara detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan RI, peserta di antaranya dari TNI,Polri,BPBD,BPN,ASN dan pelajar.

"Sebagai Inspektur upacara langsung Pak Bupati Tabalong dan Komandan Upacara Pasiops Kodim 1008/Tabalong," ungkap Judid.

"Setelah upacara dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan, dilanjutkan silaturahmi dengan vetran dan janda vetran yang telah dijemput oleh kawan-kawan di Dishub," sambungnya.

Usai Zuhur, akan digelar kesenian rakyat riog, kuntaw dan kuda lumping.

"Lokasinya di Taman Giat Kota Tanjung, halaman Dinas PUPR dan halam Mal Pelayanan Publik (MPP)," pungkas Judid.

"Pada sore harinya dilaksanakan upacara penurunan bendera, semua kegiatan bisa dilihat masyarakat umum," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner