Pemprov Kalsel

HUT ke-75 Divisi IV ALRI Kalimantan, Paman Birin Ziarah Makam Hasan Basry

Pemerintah Provinsi Kalsel melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan, di makam pahlaw

Featured-Image
Kegiatan peringatan HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan. Foto: Adpimprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Pemprov Kalimantan Selatan melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan, di makam pahlawan Brigjen Hasan Basry, Rabu (15/5).

"Proklamasi ini sebagai bentuk perlawanan kepada penjajah dan juga sumpah setia kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tegas Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Peristiwa ini pada 1949 itu juga merupakan  sejarah penting bagi rakyat Kalimantan Selatan.

Dalam proklamasi itulah, muncul pernyataan dan penegasan bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan.

"Kegiatan ini bukan sekadar kilas balik dan mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu kita, namun juga penghayatan terhadap nilai-nilai juang ALRI Divisi IV untuk kondisi kekinian, khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," papar Sahbirin.

"Perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita jangan sampai ternodai dengan sikap-sikap yang tidak pantas," imbuhnya.

Seperti selayaknya, semangat Proklamasi 17 Mei 1949, bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Kalsel dalam berbakti dan mengabdi untuk Banua dan negeri di masa kini.

Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan sejatinya diperingati pada 17 Mei. Namun kali ini dimulai pada 15 Mei 2024.

Acara dirangkai dengan kirab ontel dari Mahligai Pancasila di Banjarmasin. Kemudian ziarah ke makam pahlawan Brigjen Hasan Basry di Bundaran Liang Anggang Banjarbaru.

Selanjutnya 16 Mei akan dilaksanakan puncak HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan di Hulu Sungai Selatan.

"Sesuai arahan gubernur, puncak peringatan HUT ke-75 ini dilaksanakan di mana saat proklamasi pertama dibacakan. Yakni di Madapai, Hulu Sungai Selatan," sahut Hermansyah, Penjabat Bupati HSS.

Ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam puncak HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan.

Seperti sunatan massal, bakti sosial, pengobatan gratis dan pemberian sembako kepada warga sekitar.

"Selain itu, kami juga memberikan berbagai macam hadiah kepada para pejuang veteran," tuntas Hermansyah.

Editor
Komentar
Banner
Banner