News

Hujan Deras Sebentar, Balikpapan Kerap Banjir

Belakangan ini Kota Balikpapan dilanda hujan deras. Meski intensitasnya kerap berubah-ubah, namun sejumlah kawasan di Balikpapan kerap terendam banjir.

Featured-Image
Suasana banjir di kawasan Gunung Guntur, Balikpapan Tengah. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN - Belakangan ini Kota Balikpapan dilanda hujan deras. Meski intensitasnya berubah-ubah, namun sejumlah kawasan di Balikpapan kerap terendam banjir.

Seperti yang terjadi pada Senin (20/3), hujan deras yang melanda Kota Balikpapan membuat sejumlah kawasan terendam banjir. Titik banjir pun terus bertambah di beberapa daerah yang sebelumnya tidak pernah terendam banjir. Sebut saja di Jalan Yos Sudarso (Jalan Minyak) dan Kawasan Karang Jawa ikut terendam banjir.

"Jarang banget ditempat kami ini (Karang Jawa) banjir, baru ini tergenang. Entah ini karena apa, yang jelas kami kaget aja,' ujar Robi, salah seorang warga Karang Jawa.

Senada di Jalan Minyak yang satu tahun belakangan ini kerap banjir jika hujan deras melanda. Bahkan banjir kali ini sempat membuat satu unit mobil warga terperosok akibat banjir.

"Ketinggian air sekitar selutut orang dewasa. Seumur-umur tinggal di Balikpapan, baru ini banjir di Jalan Minyak," tutur Desi, salah seorang warga Karang Jati, Balikpapan Tengah.

Sebelumnya memang BMKG Balikpapan telah memperkirakan curah hujan cukup tinggi untuk satu minggu kedepan. Dari hasil prakiraan hujan rata-rata terjadi pada sore hari dan malam hari.

"Hujan terjadi mulai dari intensitas sedang sampai lebat. Untuk suhu dari 22-30 derajat. Sedangkan kecepatan angin sekitar 10 knot," kata Kepala BMKG Balikpapan, Erika Mardayanti.

Kondisi ini diperparah dengan belum rampungnya sejumlah proyek pengendali banjir di MT Haryono. Tercatat tiga titik proyek tersebut hingga saat ini belum rampung. Warga Balikpapan pun sempat geram lantaran kontraktor pelaksana tidak mampu menyelesaikan proyek tersebut sejak September 2022 lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner