Tak Berkategori

HPSN 2020 di Tanbu, Ratusan Pohon Ditanam di Pesisir Pantai

apahabar.com, BATULICIN – Aksi tanam pohon dan bersih-bersih sampah warnai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)…

Featured-Image
Aksi penanaman pohon di pesisi pantai Pagatan dalam memperingati HPSN Tingkat Provinsi Kalsel. Foto-apahabar.com/Syahriadi

bakabar.com, BATULICIN – Aksi tanam pohon dan bersih-bersih sampah warnai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Jum’at (21/02).

Ratusan pohon ditanam di pesisir wisata Pantai Pagatan yang merupakan tempat diselenggarakannya HPSN 2020 tingkat Provinsi Kalsel.

Selain menanam pohon, juga dilakukan bersih-bersih sampah di sepanjang kawasan Wisata Pantai Pagatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, mengatakan momen HPSN 2020 ini harus memberikan dampak positif bagi lingkungan, terlebih Tanah Bumbu yang menjadi tuan rumah.

“Dengan adanya penanaman pohon di sekitar pantai, lingkungan akan mendapatkan manfaatnya yakni pohon tersebut bisa menahan abrasi pantai,” ujarnya.

Kemudian bersih-bersih juga dilakukan, di samping untuk kebersihan lingkungan, juga diharapkan menjadi contoh yang harus atau wajib ditiru oleh siapa saja.

“Bersih-bersih lingkungan harus ditiru dan dijalankan untuk mencapai suatu daerah atau wilayah yang sehat,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Faried, menilai sampah bukan persoalan sepele.

Ribuan ton sampah yang tidak bisa ditangani dapat menyebabkan musibah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat peresmian TPA Regional Banjarbakula, pada 7 Februari 2020.

Menurutnya, menjadi sangat penting melakukan pengelolaan sampah secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.

“Kita berharap HPSN tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 ini menjadi titik tolak perubahan terhadap pemahaman masalah lingkungan yang saat ini menjadi topik yang krusial di Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Dia juga berharap kegiatan HPSN Tingkat Provinsi Kalsel bisa dilaksanakan setiap tahun secara berkelanjutan.

“Semoga Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia Bersih, Maju dan Sejahtera,” tandasnya.

Baca Juga: Pasca Karhutla, Banyak Bekantan Kehilangan Tempat Tinggal

Baca Juga: 8 Kasus Pelecehan Anak di Banjarmasin, Pelaku Didominasi Orang Dekat

Reporter: Syahriadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner