Kalsel

HKSN di Kalsel, Mensos Bicara Soal Kesetiakawanan

apahabar.com, BANJARBARU – Menteri Sosial RI, Juliari Batubara memiliki kesan tersendiri pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial…

Featured-Image
Menteri Sosial RI Juliari Batubara bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat pembukaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalimantan Selatan, Jumat pagi. FOTO-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Menteri Sosial RI, Juliari Batubara memiliki kesan tersendiri pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 sebagai upaya pemersatu rakyat Indonesia.

Tahun ini, HKSN 2019 dihelat di Kalimantan Selatan. Tema HKSN: kesetiakawanan sosial menembus batas.

“Kesetiakawanan sosial adalah nilai dasar yang terwujud dengan dilandasi kebersamaan, dan aksi sosial untuk selanjutnya dijadikan upaya upaya pemersatu rakyat Indonesia,” ujarnya dalam sambutan.

Arti dari tema kegiatan HKSN ini dapat dimaknai sebagai upaya pemersatu dengan saling menghargai.

“Kesetiakawanan sosial menembus batas, tema ini lah yang kami gunakan untuk saling menghargai, dan bersatu. Mari kita rayakan HKSN ini dengan suka cita dan membantu sesama,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan terselenggaranya HKSN di Kalsel dapat menebarkan sikap kesetiakawanan terhadap seluruh element masyarakat.

“Mari sukseskan HKSN ini, semoga kesetiakawanan nasional Kalsel menyebar ke seluruh Kalimantan dan dunia. Kita tebarkan kesetiakawanan dalam kehidupan,” ujar Paman Birin sapaan akrabnya.

Kemudian, dengan terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah HKSN 2019, dirinya mewakili masyarakat dan pemerintah provinsi Kalsel berterima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan nasional HKSN ini.

“Kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kalsel mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada wapres, kementerian sosial RI, relawan sosial dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu,” terangnya.

Sehingga kegiatan HKSN 2019 di Kalsel ini dapat berjalan lancar hingga puncak acara pada hari ini.

Sebagai penutup dalam kegiatan HKSN ini, disuguhkan Tari Kolosal Kalsel yang dibawakan oleh 200 orang penari. Dengan arti tarian setara dalam perbedaan.

Sebelumnya, peringatan HKSN 2019 resmi dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Pembukaan digelar di halaman kantor Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/12) pagi.

Meski sempat dikabarkan sakit, namun sang RI-2 ini nyatanya menyempatkan hadir beserta istrinya Wury Estu Handayani atau yang akrab disapa Wury Ma’ruf Amin dalam acara puncak HKSN 2019.

Dengan diiringi tepuk tangan para penonton yang sedari tadi menunggu kedatangannya, Ma’ruf Amin menaiki panggung dengan melambaikan senyuman ke arah penonton.

Diawali pantun, orang nomer dua di Indonesia itu pun membuka puncak peringatan HKSN 2019.

“Assalamualaikum, mendulang Intan di Bumi Sasirangan, berkah halalan tayyiban, ridha Allah selalu dimohonkan, semoga kawan berhati kesetiakawanan dan HKSN bisa perkuat persatuan nasional,” sepenggal lantunan pantunnya.

Baca Juga: Buka HKSN 2019 di Kalsel, Wapres Bicara Intoleransi dan Ketimpangan Sosial

Baca Juga:Diisukan Sakit, Wapres Buka HKSN 2019 di Kalsel dengan Pantun "Intan"

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner