Jalur Alternatif

Hindari Macet, Ini 5 Jalur Alternatif ke Kota Batu dan Rutenya

Ada 5 jalur alternatif menuju Kota Batu. Jalur ini menghindari Anda dari kemacetan.

Featured-Image
Jalur alternatif ke Kota Batu. Foto: Robert Marbun/We Are Aremania

bakabar.com, MALANG - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah tiba. Salah satu tujuan favorit untuk berwisata di Jawa Timur (Jatim) adalah Malang Raya, seperti Kota Batu.

Ada sejumlah wisata alam, ekowisata, hingga wisata modern. Misalnya Coban Rondo, Cafe Sawah Pujon Kidul, Coban Grojogan Sewu, dan masih banyak lagi.

Namun, pengendara kerap dihadapkan dengan kemacetan saat menuju kota apel itu. Berikut 5 jalan alternatif ke Kota Batu tanpa khawatir macet.

Baca Juga: Malang Raya Prioritas Pengamanan Nataru, Polisi: Ada Jalur Alternatif

1. Jalur Karangploso

Anda bisa ke Kota Batu melalui jalur Karangploso. Caranya dimulai dari Jalan Soekarno Hatta Kota Malang, lalu belok ke Jalan Candi Panggung dan ambil jalan lurus hingga belakang kampus UMM III.

Kemudian, Anda akan melewati perempatan kompleks Arhanud. Setelah itu, Anda bisa lurus dan mengikuti jalan hingga kawasan Karangploso Batu.

Jika berangkat dari Surabaya atau keluar dari pintu Tol Singosari, Anda bisa langsung mengambil jalan lurus ke arah Bumiaji. Melalui jalan itu, ada sejumlah wisata terdekat seperti Alun-alun Kota Batu dan Selecta.

2. Jalur Cangar

Jalur alternatif untuk menuju ke Kota Batu lewat Cangar memang sudah tidak asing lagi. Jalanan ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang berangkat dari Pasuruan atau Mojokerto.

Caranya, Anda bisa mengambil jalur ke arah Pacet. Kemudian melintasi Tahura R Soerjo. Kemudian ambil arah Cangar dan melintasi persimpangan masuk Selecta dan Coban Talun.

Untuk Anda yang ingin lewat jalur ini, pastikan kendaraan dalam kondisi kondusif dan aman. Sebab, akan ada banyak tanjakan dan turunan yang curam.

Kawasan Cangar, Batu
Kawasan Tahura R. Seorjo yang menembus Cangar sebagai jalur alternatif menuju Kota Batu (Foto: Apahabar.com/Izzatun Najibah)

3. Jalur Pujon

Menuju Kota Batu melewati jalur alternatif Pujon memang menjadi andalan. Sebab, jalur ini biasa dilewati pengendara dari Kediri dan sekitarnya.

Mulanya, Anda bisa menuju arah Kandangan. Lalu papan petunjuk akan Anda ke Kota Batu melewati Kesambon, Ngantang, dan Pujon.

Sama halnya hendak melewati Cangar, pastikan kendaraanmu dalam kondisi aman saat melewati jalur ini.

4. Lewat Junrejo

Anda bisa memilih jalur Junrejo jika keluar dari exit tol Singosari. Setelah itu, Anda bisa langsung mengambil arah Karangploso dan menuju Junrejo.

Anda pun langsung bisa memasuki kawasan Alun-alun Kota Batu. Ada beberapa destinasi wisata keluarga yang bisa Anda kunjungi seperti Jatim Park 1 dan Museum Angkut Malang.

Baca Juga: Waspada! Ini 2 Jalur Rawan di Jatim saat Nataru

5. Lewat Dau

Jalur alternatif untuk menuju ke Kota Batu lewat Dau menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang berangkat dari Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya.

Anda bisa menempuh perjalanan dari Kepanjen-Malang melaluu pertigaan Jalur Lingkar Barat, lalu ke kiri untuk sampai di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Kemudian melewati Polsek Wagir dan sampai ke kawasan Mulyorejo.

Dari Mulyorejo, Anda bisa belok kiri meuju Desa Pandanlandung. Kemudian lurus terus sampai Kecamatan Dau.

Itulah sejumlah jalur alternatif yang bisa Anda gunakan ketika hendak berlibur ke Kota Batu. Sebelum berangkat, pastikan seluruh kendaraan dalam kondisi prima sehingga aman dan lancar.