Pemkab Tala

Hilal Tak Terlihat di Tala, Tunggu Sidang Isbat Kemenag RI!

Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tanah Laut (Tala) melakukan pengamatan hilal di Pantai Takisung.

Featured-Image
Teks kegiatan Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tala melakukan pengamatan hilal di Pantai Takisung. Foto: Diskominfo Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Tala melakukan pengamatan hilal di Pantai Takisung, Kecamatan Takisung, Minggu (10/3) menjelang Salat Maghrib.

Kegiatan ini untuk menentukan awal bulan suci Ramadan menjadi momen yang penting dan ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat muslim.

Sekitar pukul 18:36 Wita sampai bulan terbenam pada pukul 18:40 Wita , pemantauan hilal dilakukan dengan menurunkan dua buah Theodolit dan satu buah Teropong Bintang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Tala yang juga sekaligus Wakil Ketua Tim BHR Tala H Hairul Rijal mengatakan, usai melakukan pemantauan hilal menentukan awal Ramadan masih akan menunggu hasil Sidang Isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

"Setelah secara bergantian melakukan pengamatan keberadaan hilal menggunakan alat bantu, tidak ada satupun yang melihatnya,” katanya.

Menurutnya, penentuan awal Ramadan akan tetap menunggu keputusan dari Kementerian Agama RI.

Turut berhadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tala, perwakilan Pengadilan Agama Pelaihari,
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tala.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tala, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tala, perwakilan LDII, Dinas PUPRP Tala, Dinas Dinas Kominfo Tala, dan Bagian Kesra Setda Tala.

Editor
Komentar
Banner
Banner